Gambar 5 Nutrisi Apa Saja yang Dibutuhkan Anak untuk Perkembangan Otaknya?

Nutrisi Perkembangan Anak untuk Dukung Perkembangan Otak | Grow Happy

Moms, 80% dari sistem kekebalan tubuh Si Kecil terdapat dalam saluran pencernaannya. Karena itu, menjaga agar pencernaan anak sehat dan ia tidak mengalami masalah pencernaan adalah hal yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara umum. Kemudian, ada hubungan interaksi dua arah antara sistem pencernaan dan otak, yang dikenal dengan istilah gut brain axis. Dimana kondisi otak akan mempengaruhi sistem pencernaan dan juga sebaliknya. Maka, selain penting untuk menjaga kesehatan fisik, menjaga agar anak tak mengalami masalah pencernaan, termasuk dalam mendukung proses kerja otak Si Kecil.

 

Memastikan Si Kecil mendapat asupan nutrisi perkembangan anak yang dibutuhkan otaknya merupakan salah satu cara untuk mendukung perkembangan dan kerja otak anak yang kemudian juga akan mendukung kesehatan pencernaannya. Apa saja nutrisi perkembangan anak yang dibutuhkan otak Si Kecil? Simak di bawah ini ya, Moms.

 

  1. Protein dapat membantu mengoptimalkan kerja otak. Selain itu, protein juga membentuk sel otak dan lapisan penghubung pada otak. Pembentukan sel otak ini yang akan mendukung otak anak untuk berkembang.

 

  1. Karbohidrat mengandung glukosa yang merupakan energi bagi otak. Karena itu, Si Kecil membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup agar otaknya dapat bekerja dengan baik.

 

  1. Kolin berperan penting dalam perkembangan otak usia dini, khususnya pada bagian otak yang berperan dalam perkembangan kognitif, daya ingat dan kemampuan belajar jangka panjang anak.

 

  1. Membentuk struktur otak yang kan mengatur komunikasi antar syaraf otak. Maka kekurangan zinc dapat mempengaruhi daya ingat Si Kecil.

 

  1. Vitamin tentunya juga termasuk nutrisi perkembangan anak yang dibutuhkan otak untuk dapat berkembang dan bekerja dengan Baik. Diantaranya adalah vitamin E yang merupakan salah satu antioksidan yang juga melindungi DHA yang baik bagi otak. Selain itu, vitamin E juga ditemukan pada bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat, penglihatan, pendengaran, perkembangan bahasa dan kemampuan belajar. Vitamin B kompleks membentuk kimiawi dalam otak seperti dopamine dan serotonin. Vitamin 12 membantu memproduksi mielin yang membungkus jaringan syaraf otak.

 

  1. Folat dibutuhkan anak untuk mengembangkan daya ingat dan kemampuan untuk fokus. Penelitian menyebutkan bahwa ada efek positif dalam perkembangan otak anak yang ibunya mendapat asupan folat yang cukup di masa kehamilan. Termasuk dalam kemampuan emosionalnya.

 

  1. Asam lemak omega-3, yaitu DHA, adalah salah satu komponen pembentuk lapisan otak. DHA turut mempengaruhi neurostansmitter dalam otak yang akan berperan dalam memperlancar hubungan syaraf otak. 50% otak manusia terdiri dari lemak, dan 25-30% bagian dari lemak tersebut adalah DHA.

Tentunya masih banyak lagi nutrisi perkembangan anak yang dapat membantu perkembangan otak. Misalnya zat besi. Kerena itu, pastikan Si Kecil selalu mendapat asupan nutrisi yang seimbang dari bahan pangan yang bervariasi ya, Moms. Jangan lupa, pencernaan yang sehat penting untuk mendukung proses penyerapan nutrisi ke dalam tubuh, karena selalu jaga agar si Kecil tak mengalami masalah pencernaan ya, Moms.