Gambar 2 Hal-hal yang Perlu Moms Perhatikan untuk Mengenali Ciri Pencernaan Anak Tidak Sehat

6 Tips Ketahui Kesehatan Pencernaan Anak | Grow Happy

 

Sistem pencernaan anak yang memang belum berkembang sempurna membuat Si Kecil rentan mengalami gangguan pencernaan pada anak. Padahal, pencernaan yang sehat penting untuk menjaga imunitas tubuh, membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak dalam proses tumbuh kembang dan adanya hubungan dua arah antara saluran pencernaan dan otak sehingga pencernaan juga penting untuk mendukung proses kerja otak Si Kecil.

 

Melihat pentingnya saluran pencernaan yang sehat, tentunya akan lebih baik apabila Moms bisa segera mengenali ciri pencernaan anak tidak sehat sehingga gangguan pencernaan pada anak bisa segera diatasi dan tidak sampai menggangu tumbuh kembangnya. Nah, ada banyak cara yang dapat dilakukan Moms untuk mengenali apabila saluran cerna anak sedang tidak sehat. Misalnya dengan memperhatikan frekuensi anak buang air, konsistensi feses anak, kondisi perut, atau mood anak. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

 

Perhatikan frekuensi buang air Si Kecil.

Idealnya, Si Kecil buang air besar sehari sekali dengan konsistensi yang normal. Jika sampai kurang dari itu, maka kemungkinan Si Kecil mengalami gangguan pencernaan pada anak berupa sembelit. Di sisi lain, jika jika terlalu sering, kemungkinan ia mengalami gangguan pencernaan diare.

 

Perhatikan konsistensi feses Si Kecil.

Salah satu ciri pencernaan anak tidak sehat adalah feses yang terlalu keras sehingga Si Kecil kesulitan atau merasa sakit saat buang air atau feses yang terlalu encer dan bahkan Si Kecil tak dapat menahannya sebelum ia sempat ke toilet.

 

Perhatikan kondisi perut Si Kecil. 

Apabila perut anak terasa keras saat ditekan, ini merupakan salah satu ciri pencernaan anak tidak sehat yang perlu Moms perhatikan. Kemungkinan Si Kecil mengalami perut kembung akibat gangguan pencernaan atau mengalami sembelit.

 

Perhatikan bau kentut Si Kecil.

Kentut adalah hal yang alami dan merupakan tanda bahwa sedang terjadi gangguan pencernaan pada anak. Tetapi, apabila kentut Si Kecil berlebihan dan baunya luar biasa, maka ini merupakan salah satu ciri pencernaan anak tidak sehat dan kemungkinan bakteri jahat di sistem pencernaan anak jumlahnya lebih banyak daripada bakteri baik.

 

Perhatikan nafsu makan Si Kecil.

Si Kecil yang pencernaannya tidak sehat dapat mengalami gangguan pencernaan yang membuat ia tidak nafsu makan karena ia mungkin merasa mual, ingin muntah, atau takut ke toilet karena sakit saat buang air.

 

Perhatikan mood dan perilaku Si Kecil.

Seperti yang disebutkan di atas, ada hubungan dua arah antara saluran pencernaan dan otak, yang disebut gut brain axis, sehingga keduanya saling mempengaruhi Selain itu, bakteri baik di dalam saluran pencernaan menghasilkan serotonin yang mempengaruhi mood, perilaku, dan membuat kita merasa senang. Begitu pula sebaliknya dengan bakteri jahat di saluran cerna.

 

Yuk Moms, selalu jaga kesehatan pencernaan anak agar tumbuh kembangnya dapat berjalan secara optimal dan Si Kecil grow happy.