Parenting Corner

Penyebab Lidah Bayi Berjamur dan Cara Mencegahnya

17 January 2023

Moms, pernahkah melihat ada bercak-bercak putih pada lidah Si Kecil? Barangkali Moms mengira bahwa itu normal karena bayi yang hanya mendapat asupan ASI atau susu. Tapi tahukah Moms bahwa bercak-bercak putih tersebut bisa merupakan tanda lidah bayi berjamur?

Iya, Moms, lidah bayi dapat mengalami infeksi jamur. Tak hanya lidah, bagian dalam mulut lainnya, seperti pipi bagian dalam, langit-langit mulut, gusi, hingga kerongkongan juga bisa mengalami infeksi jamur yang disebut dengan kandidiasis oral atau oral thrush.

Penyakit tersebut dapat muncul karena penumpukan jamur Candida albicans di rongga mulut bayi. Penyakit ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada bayi, tetapi juga orang dewasa. Namun kasus lidah berjamur lebih banyak ditemui pada bayi karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih lemah.

Apa Penyebab Lidah Bayi Berjamur?

Penyebab paling umum infeksi jamur pada lidah bayi adalah jamur Candida albicans. Jamur yang hidup secara alami di dalam mulut ini saat normal jumlahnya dapat dikendalikan oleh bakteri baik dalam tubuh sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun ketika sistem imunitas menurun, yang bisa disebabkan ketidakseimbangan mikroorganisme dalam tubuh, jumlah jamur Candida albicans ini semakin banyak dan menjadi tidak terkendali.

Ketidakseimbangan mikroorganisme yang mengontrol jumlah jamur di dalam mulut ini bisa diakibatkan beberapa hal, di antaranya:

  • penggunaan obat antibiotik;
  • pengobatan asma;
  • terapi kanker, termasuk kemo dan radiasi;
  • menurunnya sistem imun akibat penyakit, seperti leukimia atau HIV;
  • diabetes yang tak terkendali;
  • kebersihan mulut yang kurang terjaga.

Pada bayi, munculnya infeksi jamur lidah lebih disebabkan oleh imunitas tubuh yang menurun atau karena belum berkembang secara sempurna.

Ciri-ciri Lidah Berjamur pada Bayi

Gejala atau ciri lidah bayi berjamur yang paling terlihat adalah bintik atau bercak berwarna putih pada lapisan luar lidah, juga di bagian dalam pipi, bibir, gusi, hingga langit-langit mulut.  Jamur di lidah ini akan menempel dan tidak mudah lepas atau dihilangkan, namun bila digosok hingga lepas akan meninggalkan bekas radang yang dapat berdarah.

Infeksi jamur pada lidah bayi ini biasanya tidak terlalu mengganggu Si Kecil sehingga masih bisa menyusu dengan baik. Namun saat area iritasi meluas akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan tidak mau menyusu. Jika iritasi menyebar hingga kerongkongan maka bayi bisa kesulitan menelan.

Infeksi jamur juga bisa menular kepada ibu saat menyusui. Infeksi dapat menyebar dari lidah bayi ke puting susu ibu dan menyebabkan puting meradang, sensitif, dan pecah-pecah. Jika demikian, Moms mungkin akan merasakan sakit saat menyusui Si Kecil.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Bayi Dehidrasi? Simak di Sini!

Cara Mencegah dan Mengatasi Lidah Berjamur

Dalam beberapa kasus, lidah bayi berjamur dapat sembuh tanpa perawatan dalam 1-2 minggu seiring imunitas tubuh yang semakin kuat. Namun, bila menemukan ciri lidah berjamur pada anak, tidak ada salahnya jika Moms membawa Si Kecil menemui dokter.

Dokter mungkin akan meresepkan obat antijamur untuk Si Kecil sebagai cara mengatasi lidah bayi berjamur. Obat ini biasanya berupa salep untuk dioleskanke bagian mulut yang terinfeksi jamur.

Dokter juga mungkin akan menyarankan agar Moms menambahkan yogurt mengandung probiotik untuk ditambahkan ke dalam makanan Si Kecil. Asupan bakteri baik dari yogurt diharapkan dapat menjadi cara membersihkan lidah bayi berjamur dengan membantu mengendalikan jamur penyebab infeksi di lidah.

Moms juga bisa mencegah agar Si Kecil tidak terserang infeksi jamur di lidah. Berikut langkah pencegahan yang bisa dipraktikkan:

  • Jika memberi bayi susu formula dalam botol, selalu bersihkan peralatan minum susu menggunakan air panas setiap setelah digunakan.
  • Jika tidak digunakan, simpan botol susu di dalam lemari es untuk mencegah tumbuhnya jamur.
  • Bersihkan bagian dalam mulut bayi setelah menyusu ASI atau minum susu dari botol.

Karena penyebab utama lidah bayi berjamur adalah karena sistem imunitas bayi yang menurun atau belum matang. Maka dari itu Moms perlu menjaga sistem imun Si Kecil, di antaranya dengan memberi asupan bergizi. Setelah Si Kecil lahir, berikan ASI eksklusif dari bayi lahir sampai usia enam bulan, diikuti dengan pemberian MPASI yang aman dan tepat saat bayi berusia enam bulan.

Demikian Moms, ulasan seputar lidah bayi berjamur serta cara mengatasi dan pencegahannya. Semoga bermanfaat, ya Moms!

 


Sources

Oral thrush - Mayo Clinic. Retrieved on December 17, 2022 from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/oral-thrush/symptoms-causes/syc-20353533 

Childhood rashes: Oral thrush - Pregnancy Birth & Baby. Retrieved on December 17, 2022 from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/childhood-rashes-oral-thrush 

Everything You Need to Know About Oral Thrush - Healthline. Retrieved on December 17, 2022 from https://www.healthline.com/health/thrush 

Oral thrush in adults - NHS. Retrieved on December 17, 2022 from https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/infections-and-poisoning/oral-thrush-in-adults 

Oral thrush - Raising Children. Retrieved on December 17, 2022 from https://raisingchildren.net.au/guides/a-z-health-reference/oral-thrush 

Oral Thrush - Kids Health Nemours. Retrieved on December 17, 2022 from https://kidshealth.org/en/parents/thrush.html




Bagikan : Facebook WhatsApp