Parenting Corner

Ciri-ciri Bayi Sehat untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

16 January 2023

Setiap orang tua pasti mengharapkan bayi mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk itu, salah satu hal yang wajib diperhatikan orang tua adalah kesehatan anak.

Bayi yang sehat sering diidentikkan dengan perkembangan fisiknya, seperti berat badan yang bertambah. Namun lebih dari itu, ciri bayi sehat juga bisa dilihat dari perkembangan motorik dan sensoriknya. Lalu, apa saja ciri-ciri bayi sehat dan cerdas lainnya?

Manfaat Tubuh Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak

Bayi membutuhkan tubuh yang sehat agar dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Jika kesehatan tubuh bayi terjaga, maka Si Kecil dapat melakukan apa pun yang diinginkannya.

Perlu diingat Moms, pada bayi, fungsi imunitas tubuhnya belum terbentuk sempurna sehingga sedikit bakteri atau kuman yang masuk maupun menempel di tubuhnya bisa berdampak pada kesehatannya. Karenanya, dalam menjaga kesehatan bayi dibutuhkan peran seluruh anggota keluarga dan kerja sama dari orang-orang di sekitarnya.

Apa Saja Ciri Bayi Sehat

Ada banyak hal yang bisa menunjukkan kalau Si Kecil memiliki tubuh yang sehat, contohnya, bayi yang menangis sesaat setelah dilahirkan juga bisa menjadi ciri bayi baru lahir sehat.

Sebaliknya jika bayi lahir dengan kondisi diam dan tidak menangis, bisa jadi menunjukkan ciri bayi tidak sehat. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi ciri bayi yang tumbuh sehat:

1. Bertambah Panjang dan Berat Badan

Berat badan bayi yang bertambah secara rutin menjadi ciri bayi sehat yang utama. Bertambahnya berat badan bayi juga menunjukkan bahwa Si Kecil mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Selain bertambah berat, bayi yang bertumbuh ditunjukkan dengan panjangnya yang juga bertambah. Saat bayi berusia 5 bulan, berat badan bayi akan mencapai dua kali berat lahirnya. Sedangkan, setelah masuk usia 1 tahun beratnya menjadi 3 kali berat lahir.

2. Tenang Saat Bersama Orang Tuanya

Bayi yang baru lahir akan banyak menangis. Namun saat bersama orang tuanya, seperti ketika digendong, bayi dapat bersikap tenang dan tidak rewel. Hal ini juga menjadi ciri bayi yang sehat dan menunjukkan adanya ikatan emosional antara orang tua dengan bayi. Tapi, normal jika bayi masih akan tetap menangis jika merasa tidak nyaman atau ingin sesuatu, seperti lapar dan ingin menyusu.

3. Rutin Buang Air Besar dan Kecil

Kondisi bayi sehat selanjutnya yakni buang air besar dan kecil secara rutin, ditunjukkan dengan popok yang kotor sebanyak 4-6 kali sehari. Hal ini menunjukkan bayi cukup asupan makanan dan tidak kekurangan cairan.

4. Memberi Respon Terhadap Suara

Bayi sudah dapat mendengar suara sejak masih di dalam kandungan. Setelah lahir, jika bayi tampak memberi respon terhadap suara di sekitarnya hal itu membuktikan bahwa Si Kecil memiliki fungsi pendengaran yang normal.

5. Menunjukkan Ketertarikan Akan Sekitar

Ciri-ciri bayi sehat selanjutnya yakni ketika bayi memperhatikan objek-objek di sekitarnya. Kadang mata bayi mulai mengikuti arah objek yang bergerak di hadapannya. Hal ini menunjukkan bahwa indera penglihatannya sudah mulai sempurna.

6. Tidur dengan Nyenyak

Bayi yang sehat juga ditunjukkan dengan tidurnya yang nyenyak. Bayi membutuhkan banyak waktu istirahat dan tidur agar dapat tumbuh dengan baik, karena saat tidur tubuh bayi akan melepaskan hormon pertumbuhan yang akan membuat tubuhnya bertambah panjang atau tinggi.

7. Mampu Menyangga Tubuhnya Sendiri

Memasuki usia 1 bulan, bayi yang sehat sudah mulai dapat menahan kepalanya sendiri walau belum dalam waktu lama. Kemudian di usia 3 bulan, bayi sehat biasanya sudah mampu menyangga kepala dan berat badannya sendiri sehingga dapat duduk tanpa bantuan.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Dehidrasi pada Bayi? Simak di Sini!

Tips Cara Menjaga Kesehatan Bayi

Kesehatan bayi masih sangat bergantung pada lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu Moms perlu cara untuk menjaga kesehatan bayi, di antaranya:

  • Cukupi kebutuhan nutrisinya dengan asupan bergizi, yakni melalui ASI hingga usia 6 bulan dan setelahnya ditambah dengan MPASI.
  • Jaga kebersihan badan bayi dan lingkungan di sekitar Si Kecil. Rutin mandikan bayi setiap hari dan usahakan menyentuh bayi dengan tangan yang bersih.
  • Berikan imunisasi dasar lengkap. Penting untuk membangun sistem imun bayi agar tidak mudah terserang penyakit.
  • Waktu tidur dan istirahat yang cukup, agar bayi tumbuh dengan baik.
  • Bermain seperti berbicara atau menyanyikan lagu, dapat melatih kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi.

Memantau Kesehatan Bayi

Selama masa pertumbuhan bayi, Moms juga perlu memantau kesehatan dan perkembangan tubuhnya. Lakukan pemeriksaan secara rutin, bisa di Posyandu atau dokter spesialis anak. Hal yang perlu dicatat dari perkembangan bayi di antaranya pertumbuhan fisik seperti berat dan tinggi badan, kecukupan gizinya, rajin mengajak berkomunikasi, dan melakukan kontrol rutin ke dokter anak.

Menjaga asupan nutrisi tak hanya penting saat hamil. Setelah Si Kecil lahir,berikan ASI eksklusif dari bayi lahir sampai usia enam bulan, diikuti dengan pemberian MPASI yang aman dan tepat saat bayi berusia enam bulan.
Demikian ulasan seputar ciri bayi sehat yang perlu Moms ketahui. Pastikan kesehatan tubuh Si Kecil tetap terjaga agar ia dapat tumbuh berkembang secara optimal, ya Moms!

 


Sources

Your Newborn's Growth (for Parents) - Nemours KidsHealth. Retrieved 19 December 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/grownewborn.html 

8 Signs of a Healthy Baby - Parents. Retrieved 19 December 2022, from https://www.parents.com/baby/development/social/8-signs-of-a-healthy-baby/ 

10 Signs of a Healthy Baby That Every Parent Must Know - Parenting First Cry. Retrieved 19 December 2022, from https://parenting.firstcry.com/articles/10-signs-of-a-healthy-baby-that-every-parent-must-know/ 

8 Signs of a Healthy Baby - Parents. Retrieved 19 December 2022, from https://www.parents.com/baby/development/social/8-signs-of-a-healthy-baby/ 

Infant and Newborn Nutrition: MedlinePlus. Retrieved 19 December 2022, from https://medlineplus.gov/infantandnewbornnutrition.html 

Baby Vaccines at 1-2 Months - CDC. Retrieved 19 December 2022, from https://www.cdc.gov/vaccines/parents/by-age/months-1-2.html 

Helping baby sleep through the night - Mayo Clinic. Retrieved 19 December 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/baby-sleep/art-20045014 

Play ideas for newborn babies - Raising Children Network. Retrieved 19 December 2022, from https://raisingchildren.net.au/newborns/play-learning/play-ideas/playing-with-newborns




Bagikan : Facebook WhatsApp