Parenting Corner

Simak Pantangan Setelah Operasi Caesar Berikut Ini

05 January 2023

Operasi caesar kini telah menjadi pilihan banyak ibu hamil untuk proses persalinan dan tidak lagi sekadar opsi saat persalinan normal sulit dilakukan. Namun prosedur caesar akan meninggalkan luka pada perut ibu yang butuh perawatan pasca operasi. Berbeda dengan persalinan normal yang lebih minim luka.

Karenanya, perlu diperhatikan hal yang menjadi pantangan setelah operasi caesar. Ini demi menjaga luka cepat pulih dan ibu segera dapat beraktivitas secara normal.

Lantas apa saja pantangan setelah operasi caesar? Adakah risiko atau efek samping dari persalinan caesar?

Pengertian Operasi Caesar

Operasi caesar atau C-section merupakan prosedur persalinan untuk melahirkan bayi dari rahim melalui sayatan di bagian perut ibu.

Operasi caesar awalnya dilakukan apabila proses persalinan secara normal tidak memungkinkan karena beberapa alasan, seperti posisi bayi sungsang atau melintang, ukuran tubuh bayi yang terlalu besar, atau karena terjadi anomali tali pusat atau plasenta. Namun kini, prosedur persalinan secara caesar sudah dapat dilakukan atas permintaan ibu hamil.

Berbagai Pantangan Setelah Operasi Caesar

Karena prosedur bedah pada operasi caesar meninggalkan luka sayatan di perut, ada beberapa pantangan makanan maupun aktivitas yang harus Moms ditaati setelah menjalani operasi caesar.

Pasca operasi caesar, Moms disarankan mengonsumsi makanan bergizi namun mudah dicerna. Hindari makanan yang memberatkan sistem pencernaan dan lama dicerna.

Berikut ini beberapa makanan pantangan setelah operasi caesar:

  1. Hindari makanan pedas karena dapat menyebabkan masalah lambung dan membuat ASI pedas.
  2. Hindari minuman berkarbonasi dan jus jeruk karena dapat menimbulkan gas di lambung.
  3. Batasi konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan berisiko menimbulkan masalah tumbuh kembang bayi.
  4. Jauhi minuman beralkohol karena dapat mempengaruhi produksi ASI dan tumbuh kembang bayi.
  5. Hindari makanan yang menghasilkan gas seperti ubi dan kol.
  6. Hindari makanan mentah maupun yang diolah dengan cara fermentasi dan digoreng karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
  7. Jika mengidap diabetes, hindari makan nasi setidaknya 3-4 hari setelah operasi caesar.
  8. Batasi durian, nangka, apel, dan jeruk karena menghasilkan gas dan termasuk pantangan buah setelah operasi caesar.

Berapa lama pantangan makanan setelah operasi caesar berlaku bergantung pada pemulihan luka di perut. Pastikan luka telah kering dan tidak berisiko terbuka sebelum Moms dapat kembali makan seperti biasa.

Baca Juga: Jenis Vitamin dalam Susu Anak 1 Tahun

Aktivitas Pantangan Setelah Operasi Caesar

Selain makanan, ada sejumlah aktivitas turut menjadi pantangan setelah operasi caesar, di antaranya:

  1. Hindari mengangkat beban terlalu berat. Batasi mengangkat beban hanya seberat bayi.
  2. Jangan terlalu sering naik turun tangga, karena dapat menimbulkan tekanan pada bagian perut.
  3. Jangan terlalu sering membuka dan menyentuh luka jahitan karena akan berisiko menimbulkan infeksi.
  4. Tunda melakukan hubungan seksual, karena organ reproduksi dalam proses pemulihan.
  5. Jangan berenang pasca operasi caesar, karena air kolam yang tidak steril berpotensi menimbulkan infeksi.

Selain menjaga asupan makanan yang dilarang, Moms juga perlu memperhatikan nutrisi untuk ibu dan bayi. Berikan ASI eksklusif hingga Si Kecil berusia 6 bulan diikuti dengan pemberian MPASI yang aman dan tepat.

Demikian ulasan tentang pantangan setelah operasi caesar, baik dari makanan maupun aktivitas. Semoga informasinya bermanfaat untuk Moms dan Si Kecil.

 


Sources

What is a C-section? - Medical News Today. Retrieved on December 12, 2022 from https://www.medicalnewstoday.com/articles/299502

Risks: Caesarean section - NHS. Retrieved on December 12, 2022 from https://www.nhs.uk/conditions/caesarean-section/risks/

Long-term risks and benefits associated with cesarean delivery for mother, baby, and subsequent pregnancies - Keag OE, et al. Retrieved on December 12, 2022 from https://journals.plos.org/plosmedicine/article?id=10.1371/journal.pmed.1002494#sec010

Diet After C-section Delivery: Foods to Eat and Avoid - First Cry Parenting. Retrieved on December 12, 2022 from https://parenting.firstcry.com/articles/diet-after-c-section-delivery-foods-to-eat-and-avoid/

Diet after a C-Section delivery- What to eat and avoid? - Pristyn Care. Retrieved on December 12, 2022 from https://www.pristyncare.com/blog/diet-after-c-section-delivery-pc001/#Foods_to_limit_after_a_c-section_delivery




Bagikan : Facebook WhatsApp