Parenting Corner

Berapa Biaya Melahirkan Caesar? Simak Perkiraannya Berikut Ini!

16 January 2023

Ibu hamil kini sudah lebih bebas dalam memilih metode persalinan yang akan dijalaninya saat melahirkan, normal maupun caesar (sesar). Operasi sesar kini tak lagi menjadi sekadar alternatif persalinan saat melahirkan secara normal tidak memungkinkan, seperti ada kondisi medis khusus.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ayah dan ibu sebelum memilih persalinan dengan metode sesar, salah satunya terkait biaya melahirkan sesar yang lebih besar dari persalinan normal.

Memang berapa sih biaya melahirkan secara sesar? Mengapa persalinan sesar lebih mahal dibanding persalinan normal?

Bagaimana Prosedur Persalinan Caesar?

Baik persalinan secara normal maupun caesar, keduanya bertujuan agar proses lahirnya bayi berjalan dengan lancar dan ibu serta bayi dapat selamat. Walau demikian, ada beberapa perbedaan dalam persalinan secara sesar yang mungkin perlu Moms ketahui.

Operasi caesar adalah prosedur operasi dengan membuat sayatan melintang di bagian perut dan rahim ibu. Dalam persalinan sesar, bayi lahir melalui sayatan tersebut, bukan dari leher rahim dan vagina.

Operasi persalinan caesar dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Pasien diminta berpuasa beberapa jam sebelum operasi, kemudian minum obat antibiotik, antimual, dan obat maag.
  • Sebelum memulai operasi pasien diberi suntikan bius spinal atau umum tergantung kondisi selama operasi.
  • Dokter membuat sayatan sepanjang 10-20 cm di perut bawah pusar hingga mencapai rahim.
  • Dokter membuka rahim dan mengeluarkan bayi melalui sayatan. Prosedur ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit.
  • Bayi akan diletakkan di dada ibu untuk menstimulasi bayi menyusu pada ibu.
  • Dokter mengeluarkan plasenta dan memberi suntik hormon oksitosin agar merangsang kontraksi rahim dan menghentikan pendarahan.
  • Dokter menutup kembali sayatan di perut dengan jahitan.

Baca Juga: Apa Itu Baby Blues? Ini Penjelasannya!

Kelebihan dan Kekurangan Persalinan Caesar

Persalinan dengan metode caesar memiliki keuntungan, di antaranya waktu persalinan yang lebih fleksibel, menurunkan risiko bayi cedera saat proses melahirkan, serta menurunkan risiko inkontinensia urine dan prolaps organ panggul. Namun melahirkan secara caesar juga memiliki kekurangan yakni proses pemulihan ibu lebih lama, ada bekas luka operasi di perut ibu, serta risiko komplikasi akibat anestesi dan operasi.

Perkiraan Biaya Melahirkan Sesar

Persalinan dengan metode caesar dapat dilakukan sebagai tindakan darurat namun juga bisa direncanakan sesuai keinginan ibu hamil. Kedua hal ini dapat membedakan besarnya biaya melahirkan sesar yang dilakukan. Apabila operasi caesar dilakukan atas rekomendasi dokter dengan pertimbangan ibu hamil tidak dapat menjalani persalinan secara normal, maka biaya sesar melahirkan dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

Dokter biasanya akan merekomendasikan persalinan secara caesar apabila:

  • Terjadi kesulitan saat proses melahirkan secara normal
  • Detak jantung bayi melemah
  • Posisi bayi sungsang (kondisi di mana posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas)
  • Janin kembar
  • Terjadi kendala pada plasenta
  • Tali pusat mengembang
  • Ibu hamil memiliki kondisi kesehatan tertentu
  • Sebelumnya pernah melahirkan secara sesar

Namun bila tindakan persalinan caesar merupakan pilihan dari ibu hamil, maka tidak ditanggung BPJS Kesehatan. Biaya operasi sesar melahirkan ini berkisar antara Rp10 juta hingga Rp70 juta, tergantung fasilitas dan kelas kamar yang diambil. Terlepas dari metode persalinan yang akan Moms pilih nantinya, yang lebih penting adalah mengutamakan keselamatan ibu hamil dan juga janin. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah memastikan asupan nutrisi untuk Si Kecil usai melahirkan. Setelah Si Kecil lahir, berikan ASI eksklusif dari bayi lahir sampai usia enam bulan, diikuti dengan pemberian MPASI yang aman dan tepat saat bayi berusia enam bulan.

Demikian Moms penjelasan seputar biaya melahirkan sesar yang perlu diketahui. Semoga informasinya dapat membantu dalam memutuskan metode persalinan terbaik untuk Moms dan juga Si Kecil.




Bagikan : Facebook WhatsApp