Parenting Corner

Ragam Nutrisi Ibu Hamil Trimester 2 yang Perlu Diketahui

02 January 2023

Di masa kehamilan, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang merupakan hal paling penting yang bisa dilakukan ibu hamil untuk janin di dalam kandungannya. Karena asupan makanan yang ibu makan adalah sumber nutrisi utama bagi janin.

Perkembangan Janin Trimester 2

Setelah 13 minggu pertama masa kehamilan dimana organ penting janin mulai terbentuk, kandungan memasuki trimester kedua pada usia kehamilan 14-26 minggu.

Di trimester ini, organ dalam dan fungsi tubuh janin sudah berkembang semakin kompleks. Tulang janin mengeras, kulit menebal, sistem saraf dan pendengaran mulai berkembang. Moms sudah mulai semakin dapat merasakan gerakan janin di dalam rahim karena bagian otak yang mengontrol gerak motorik sudah terbentuk sempurna.

Sementara, perut ibu semakin terlihat membesar karena rahim yang berkembang. Rasa mual yang sering muncul di trimester 1 mulai hilang dan nafsu makan kembali bertambah. Moms mungkin akan merasakan badan sering pegal, pergelangan kaki atau tangan membengkak, muncul stretch mark di payudara, perut, paha, dan bokong.

Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil Trimester 2

Kebutuhan nutrisi ibu hamil trimester 2 tidak jauh berbeda dengan trimester pertama. Ibu perlu mengonsumsi gizi penting seperti zat besi, kalsium, magnesium, omega 3, vitamin, hingga asam folat yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.

Zat Besi

Dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kalsium

Penting untuk pertumbuhan janin terutama dalam pembentukan tulang dan gigi. Juga berfungsi mendukung sistem peredaran darah.

Magnesium

Mineral ini berperan dalam fungsi saraf dan otot, serta membantu tekanan darah tetap normal.

Asam Folat

Nutrisi ibu hamil trimester 2 ini berperan dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin, serta menurunkan risiko kecacatan.

Vitamin D

Vitamin pasangan kalsium dalam membentuk tulang dan gigi janin, serta membantu pembentukan otot.

Omega 3

Nutrisi yang banyak terkandung dalam minyak ikan ini penting untuk perkembangan otak dan mata janin.

Baca Juga: Jenis Vitamin yang Penting dalam Susu Anak 1 Tahun

Makanan Sumber Nutrisi Ibu Hamil Trimester 2

Rutin mengkonsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan akan bermanfaat bagi ibu hamil dan juga janin. Pilih makanan sumber nutrisi untuk ibu hamil trimester 2 yang mendukung pertumbuhan janin sekaligus menjaga kesehatan ibu.

Berikut ini beberapa jenis makanan sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil trimester kedua:

Susu dan Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahannya seperti yogurt dan keju adalah sumber kalsium yang baik untuk janin. Susu juga kaya nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, kalium, yodium, dan vitamin B.

Sayuran

Rajin mengonsumsi sayuran baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, kale, brokoli, dan kol memiliki kandungan nutrisi penting seperti serat, vitamin, kalsium, zat besi, folat, hingga kalium.

Buah-buahan Segar

Selain kaya akan serat dan vitamin, buah seperti jeruk, alpukat, pisang, memiliki kandungan folat yang cukup tinggi. Perhatikan kebersihan buah sebelum memakannya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kedelai, kacang merah, kacang polong, dan edamame adalah sumber nutrisi serat, protein, karbohidrat, dan vitamin, termasuk vitamin E, vitamin K, vitamin A, dan folat.

Daging, Telur, dan Ikan

Ketiga bahan makanan ini merupakan sumber kalsium, magnesium, vitamin D, zat besi, hingga folat alami yang dibutuhkan ibu hamil. Pilih daging tanpa lemak dan ikan yang bebas merkuri untuk kesehatan ibu dan janin. Berikan ASI eksklusif hingga Si Kecil berusia 6 bulan diikuti dengan pemberian MPASI yang aman dan tepat.Selama masa kehamilan, nutrisi bayi bergantung pada asupan makanan yang dimakan ibu. 

Itulah ulasan seputar nutrisi ibu hamil trimester 2. Ingat selalu untuk menjaga asupan gizi sehari-hari agar ibu dan janin tetap sehat. Semoga informasinya bermanfaat, ya Moms!

 


Sources

Pregnancy milestones - Unicef. Retrieved on December 12, 2022 from https://www.unicef.org/parenting/pregnancy-milestones

Pengertian Trimester Kehamilan - RSIA Provinsi Aceh. Retrieved on December 12, 2022 from https://rsia.acehprov.go.id/berita/kategori/layanan-kesehatan/pengertian-trimester-kehamilan

Nutrisi yang Wajib Dipenuhi di Kehamilan Trimester 2 untuk Perkembangan Janin - Primaya Hospital. Retrieved on December 12, 2022 from https://primayahospital.com/kebidanan-dan-kandungan/nutrisi-yang-wajib-dipenuhi-di-kehamilan-trimester-2-untuk-perkembangan-janin/

Iron deficiency anemia during pregnancy: Prevention tips - Mayo Clinic. Retrieved on December 12, 2022 from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/anemia-during-pregnancy/art-20114455

Vitamins, supplements and nutrition in pregnancy - NHS. Retrieved on December 12, 2022 from https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/

Magnesium during pregnancy - Baby Center. Retrieved on December 12, 2022 from https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/magnesium-in-your-pregnancy-diet_659

Folic Acid - CDC. Retrieved on December 12, 2022 from https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/about.html

Omega-3 Fatty Acids During Pregnancy - Midwife. Retrieved on December 12, 2022 from https://www.midwife.org/ACNM/files/ccLibraryFiles/Filename/000000000652/Omega-3%20Fatty%20Acids%20During%20Pregnancy.pdf

Ragam Makanan untuk Ibu Hamil Trimester Kedua - RS An-Nisa. Retrieved on December 12, 2022 from https://www.rsannisa.co.id/artikel/kesehatan/ragam-makanan-untuk-ibu-hamil-trimester-kedua




Bagikan : Facebook WhatsApp