Parenting Corner

5 Inspirasi Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

26 December 2022

Memilih asupan makanan selama masa kehamilan terkadang bisa menjadi tantangan tersendiri. Saat mengandung, ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu dan janin. Namun di sisi lain, ibu juga mudah merasa mual terutama pada masa awal kehamilan.

Menjaga asupan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting lantaran berperan langsung proses tumbuh kembang janin. Terlebih di masa awal kehamilan janin tumbuh dengan pesat. Kekurangan nutrisi penting dapat berisiko bayi tidak tumbuh optimal.

Maka dari itu, penting juga memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Lantas, makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan?

Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil

Kecukupan nutrisi itu penting untuk ibu dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Asupan gizi seimbang selama masa kehamilan dapat memberi manfaat seperti:

  • Membantu kehamilan Click here to enter text.
  • Membantu pembentukan jaringan serta tumbuh kembang janin,
  • Mengurangi risiko munculnya masalah kehamilan,
  • Memberi energi kepada ibu saat menyusui bayi setelah proses melahirkan.

Secara umum, gizi yang dibutuhkan selama masa kehamilan sama dengan sebelum hamil. Namun, ada beberapa nutrisi utama bagi ibu hamil, yaitu:

  1. Folat dan asam folat. Mencegah kelahiran prematur, membantu pembentukan DNA dan sel tubuh, serta mencegah timbulnya masalah perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.
  2. Kalsium. Menguatkan tulang dan gigi ibu dan janin, serta mendukung kerja sistem peredaran darah, otot, dan saraf yang sehat.
  3. Protein. Untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan selama masa kehamilan.
  4. Vitamin D. Membantu kalsium dalam proses pembentukan tulang dan gigi bayi.
  5. Zat besi. Berfungsi dalam pembentukan hemoglobin yang berperan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Baca Juga: 7 Nutrisi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui nutrisi penting selama masa kehamilan, kini Moms bisa memilih jenis makanan yang baik untuk ibu hamil, di antaranya:

Daging tanpa lemak

Daging ayam dan sapi merupakan sumber protein yang baik dan berkualitas tinggi. Selain itu juga kaya akan zat besi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati, juga serat, zat besi, kalsium, dan folat alami. Yang termasuk kacang-kacangan seperti kacang hijau, buncis, kacang polong, dan kedelai.

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon berprotein tinggi dan kaya asam lemak omega 3 Click here to enter text.

Produk olahan susu

Susu dan produk olahannya, seperti yogurt dan keju, merupakan sumber protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya.

Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan serat, vitamin, kalsium, zat besi, folat, hingga kalium. Pilih sayuran hijau yang tinggi folat, seperti bayam, selada, kale, brokoli, dan kol, sebagai bahan makanan yang baik untuk ibu hamil muda.

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan, tips kehamilan lain yang perlu diperhatikan adalah menghindari makanan yang dapat mengganggu pertumbuhan janin. Berikut ini makanan yang tidak boleh ibu hamil konsumsi selama mengandung, di antaranya:

  • Makanan yang mengandung bahan pengawet.
  • Daging, telur, atau ikan yang dimasak kurang matang, karena dapat mengandung kuman yang berbahaya untuk janin.
  • Membatasi asupan kafein seperti kopi dan coklat.
  • Membatasi makanan yang tinggi gula dan lemak.
  • Membatasi makanan yang mengandung gas, seperti nangka dan ubi jalar, karena dapat menyebabkan nyeri ulu hati pada ibu hamil.
  • Membatasi minuman ringan (soft drink) karena dapat menyebabkan kelebihan berat badan ibu dan bayi.

Tak hanya selama masa kehamilan, menjaga asupan makanan juga perlu dilakukan pasca melahirkan dan selama menyusui, terutama 6 bulan pertama bayi dianjurkan mendapatkan ASI eksklusif. Setelah usia 6 bulan, bayi dapat mulai diberi makanan pendamping atau MPASI.

Selalu pilih makanan yang baik untuk ibu hamil agar terjaga asupan nutrisinya ya, Moms!

 


Sources

Gizi Seimbang Ibu Hamil - Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Retrieved on December 9, 2022 from http://gizi.fk.ub.ac.id/gizi-seimbang-ibu-hamil/ 

Pregnancy diet: Focus on these essential nutrients - Mayo Clinic. Retrieved on December 9, 2022 from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-nutrition/art-20045082 

13 Foods to Eat When You’re Pregnant - Healthline. Retrieved on December 9, 2022 from https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant 

15 Healthy Foods That Are High in Folate - Healthline. Retrieved on December 9, 2022 from https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-folate-folic-acid 

Gizi Seimbang Ibu Hamil - Kementerian Kesehatan RI. Retrieved on December 9, 2022 from https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/405/gizi-seimbang-ibu-hamil




Bagikan : Facebook WhatsApp