Yuk, Kenali 5 Hal yang Menyebabkan Pencernaan Si Kecil Terganggu

Facebook Twitter
Gangguan Pencernaan pada si Kecil
Caption
Article Title
Body

Moms, usia 1-5 tahun merupakan usia yang rentan bagi si kecil dalam mengalami gangguan pencernaan lho. Nah, kalau sudah terjadi pasti mereka akan merasa tidak nyaman dan aktivitasnya jadi terganggu. Seringkali, Moms juga dibuat panik karena tidak tahu harus berbuat apa.

Nah kebanyakan, gangguan pencernaan yang dialami mereka pasti hubungannya dengan makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, Moms harus sering memperhatikan asupan si kecil ya agar tetap sehat dan tidak gampang sakit. Yuk, ketahui lebih lanjut penyebab gangguan pencernaan pada si kecil.

1. Salah Makanan

salah makanan

Si kecil sering mengeluh sakit perut sehabis makan? Bisa jadi gara-gara salah makanan. Alhasil, tubuh Si Kecil jadi terasa tidak fit dan merasa lemas. Apalagi kalau sakit perutnya sampai melilit dan mereka mengeluh sakit, kasihan mereka ‘kan? Disarankan saat memberikan makanan pada si kecil, Moms memberikan makanan dengan tekstur yang halus dan potongan yang lebih mudah dilumat Si Kecil.

Beberapa makanan seperti makanan berlemak dan coklat juga dapat menjadi penyebab pencernaannya terganggu lho. Nah, yuk Moms mulai perhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi oleh si kecil ya!

 2. Kurang Makan Buah

Kurang Makan Buah

Tidak usah diragukan lagi, buah memiliki kandungan yang kaya akan manfaat serta berperan penting bagi tubuh. Tapi Moms, perhatikan juga ya jangan sampai si kecil kurang makan buah.

Hal ini dikarenakan buah-buahan merupakan sumber serat yang menyehatkan pencernaan, termasuk pencernaan si kecil. Untuk itu, Moms bisa memberikannya buah-buah yang memang aman bagi pencernaan si kecil, seperti pepaya, pisang, atau apel, untuk memenuhi kebutuhan seratnya.

3. Banyaknya Makanan Kurang Higienis yang Dikonsumsi Si Kecil

Makanan Kurang Higienis

Buat Moms agaknya harus berhati-hati nih. Makanan yang kurang higienis juga dapat menjadi pemicu terjadinya gangguan pencernaan pada si kecil, loh. Apalagi jika Si Kecil suka membeli jajanan di luar rumah, karena seringkali kita tidak bisa memantau pengolahan makanan yang dijual nih, Moms. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi Si Kecil adalah makanan yang tidak higienis ya, Moms.

Belum lagi kandungan pewarna dan pengawet yang berbahaya bagi tubuh dalam jangka waktu panjang dan pendek. Jadi, selalu ingatkan si kecil ya Moms biar gak jajan sembarangan dan sajikan makanan sehat untuk mereka.

4. Infeksi Virus dan Bakteri

Infeksi Virus dan Bakteri

Banyak bakteri dan virus yang bertebaran dapat menyebabkan penyakit. Pola hidup yang tidak sehat menjadi pemicu infeksi virus atau bakteri yang berbahaya. Apalagi, kekebalan tubuh yang belum sempurna bisa menyebabkan si kecil lebih rentan terjangkit virus dan bakteri.

Maka dari itu, selalu waspada dan perhatikan kondisi si kecil agar tetap sehat dan gak gampang sakit. Menjalankan pola hidup yang sehat dapat mencegah resiko penyebaran infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit.

Untuk membantu tumbuh kembang serta daya tahan tubuh si kecil, Moms pun bisa melengkapi kebutuhan nutrisinya dengan susu. Susu mengandung berbagai  jenis kandungan nutrisi yang penting untuk si kecil. Seperti susu LACTOGROW , misalnya, yang mengandung nutrisi penting seperti kalsium, vitamin, minyak ikan, mineral, dan omega 3 & 6  yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil.

5. Alergi Makanan Tertentu

Alergi Makanan Tertentu

Moms, bisa jadi makanan yang si kecil konsumsi secara umum tidak berbahaya. Namun, beberapa orang memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Dan reaksi alergi mereka pun bisa berbeda-beda lho. Nah, beberapa reaksi alergi ini dampaknya bermacam-macam terhadap tubuh si kecil yang salah satunya adalah masalah gangguan pencernaan.

Beberapa alergi yang cukup umum terdapat pada si kecil di antaranya adalah kacang, telur, ikan, hingga gandum. Gejalanya pun bermacam-macam, dimulai dari muntah-muntah, gatal, pembengkakan, hingga diare. Nah untuk itu, penting bagi Moms untuk mengetahui alergi apa yang dimiliki si kecil. Lalu jangan lupa, jika mengajak si kecil ke restoran, pastikan bahwa makanan yang ia konsumsi tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan gejala alergi mereka kambuh.