Tips Menjaga Asupan Gizi Anak Setiap Hari

Tips Menjaga Asupan Gizi Anak Setiap Hari

Moms, menjaga asupan gizi anak tentu penting dilakukan agar proses tumbuh kembang anak berjalan optimal. Karena itu, Moms perlu memastikan Si Kecil mendapat asupan gizi seimbang setiap harinya. Memang seringkali Moms dihadapi dengan berbagai kendala. Tetapi Moms tentu ingin mencari berbagai cara untuk memastikan Si Kecil grow happy, bukan? Yuk, simak beberapa tips berikut ini untuk menjaga asupan gizi anak setiap hari.

 

  1. Buat menu makan dengan gizi seimbang

Bingung seperti apa yang disebut asupan gizi anak yang seimbang? Moms bisa merujuk pada program Isi Piringku dari Kementrian Kesehatan RI. Yaitu menu yang terdiri dari makanan pokok sumber karbohidrat, lauk hewan maupun nabati sebagai sumber protein, dan buah-buahan dan sayuran sebagai sumber vitamin, mineral, serta serat. Jangan lupa untuk menggunakan sumber pangan yang bervariasi dalam menyiapkan menu harian bagi anak, ya.

 

  1. Menyertakan camilan sehat

Untuk membantu memenuhi asupan gizi anak setiap hari, Moms dapat menyajikan menu camilan sehat bagi Si Kecil. Dengan begitu, camilan bukan hanya untuk mengganjal perut Si Kecil, tetapi juga sebagai sumber asupan gizi anak yang membantu melengkapi apabila ada asupan yang belum didapat anak dari menu makan pokoknya.

 

  1. Lengkapi dengan susu

Susu mengandung makro dan mikro nutrien yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Diantaranya adalah protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan tubuh anak dan juga kalsium serta fosfor yang penting dalam mendukung kesehatan tulang dan gigi. Moms dapat menyajikan susu dalam bentuk minuman, atau mengolahnya lagi menjadi menu tertentu.

 

  1. Buat jadwal makan

Jadwal makan yang rutin akan membantu anak makan dengan lebih teratur. Pastikan pula untuk tidak memberi camilan menjelang waktu makan. Jika waktu makan camilan Si Kecil terlalu dekat dengan waktu makannya, ia bisa menjadi terlalu kenyang dan justru tak menghabiskan menu makanan pokoknya.

 

  1. Batasi gula tambahan

Si Kecil sudah mendapatkan asupan gula alami dari berbagai bahan pangan yang ia santap. Misalnya dari buah, sayuran, nasi, dan sebagainya. Jadi sebaiknya hindari gula tambahan agar asupan gula Si Kecil tidak jadi berlebih.

 

  1. Terapkan kebiasaan makan yang baik dalam keluarga

Misalnya dengan membatasi penggunaan gadget saat waktu makan dan kebiasaan makan bersama keluarga. Rutinitas makan bersama seluruh anggota keluarga akan membantu memenuhi asupan gizi anak setiap hari. Karena melalui rutinitas ini Si Kecil bisa melihat sendiri dan mencontoh kebiasaan makan sehat dari orang tuanya. Jadi, jangan lupa kalau Moms juga harus jadi teladan bagi Si Kecil, ya.

 

  1. Melibatkan anak dalam menyiapkan menu sehat

Cara lain yang dapat Moms terapkan adalah melibatkan Si Kecil dalam menyiapkan menu sehat di rumah. Mulai dari menyusun menu, berbelanja, dan bahkan menyiapkan masakan. Tentunya disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak ya, Moms. Cara ini akan membuat anak semakin semangat dan happy pada waktu makan sehingga asupan gizi anak dapat terpenuhi.

 

Untuk memastikan asupan gizi anak terserap oleh tubuhnya, jangan lupa untuk menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil juga ya, Moms.  Karena, apabila saluran pencernaan sehat, tentu proses penyerapan zat gizi anak juga menjadi lebih optimal.