Si Kecil Sembelit? Ini Tips Untuk Mengatasinya

Atasi Masalah Sembelit Pada Anak
Caption

Article Title

Body

Tahukah Moms, konstipasi atau sembelit pada balita merupakan hal yang umum terjadi. Pasalnya, pada usia dini ini saluran pencernaan Si Kecil memang belum terbentuk dengan sempurna sehingga ia masih rentan mengalami masalah pencernaan anak, termasuk sembelit. Nah, walaupun umum terjadi, Moms tentu tetap khawatir jika si Kecil mengalami sembelit, kan? Sembelit memang perlu diatasi dengan tepat supaya gak terjadi terus menerus dan mengganggu kesehatan serta aktivitas Si Kecil. Yuk Moms, simak tips berikut ini untuk mengatasi sembelit pada balita agar Si Kecil happy lagi!

1.    Membantu mengeluarkan feses yang tertahan

Apabila sudah berlangsung berhari-hari, sebaiknya yang pertama Moms lakukan adalah membawa Si Kecil ke dokter untuk membantu mengeluarkan feses yang menumpuk di usus besar. Dokter nanti yang akan memutuskan apakah proses ini perlu dilakukan di rumah sakit atau bisa di rumah saja dengan pemberian obat.

 

2.    Beri minum yang cukup

Apabila Si Kecil baru mengalami sembelit hari ini saja, atau setelah feses sudah dikeluarkan, pastikan Si Kecil mendapat asupan air putih yang cukup ya, Moms. Si Kecil perlu setidaknya 1 liter air putih dalam sehari untuk mencegah tinja menjadi keras lagi.

 

3.    Tambahkan serat dalam menu makannya

Asupan serat yang cukup dapat membantu mengatasi masalah pencernaan anak, termasuk sembelit. Pastikan Si Kecil mengonsumsi sayuran dan buah yang cukup. Selain itu sebaiknya hindari dulu mengonsumsi buah pisang dan apel yang dapat membuat tinja menjadi keras.

 

4.    Berikan pijatan di perutnya

Memijat perut Si Kecil dapat membantu mengatasi sembelit pada balita juga lho, Moms. Gunakan baby oil dan pijat di area perut searah jarum jam dimulai dari bagian kanan bawah perut untuk merangsang gerakan usus besar. Lakukan secara rutin supaya hasilnya optimal ya, Moms.

 

5.    Mencari penyebab konstipasi

Nah, yang ini juga penting untuk dilakukan agar Moms dapat memberikan penanganan yang tepat agar Si Kecil tak mengalami sembelit lagi. Misalnya, jika masalah pencernaan anak ini terjadi karena pola makan, maka Moms dapat mengubah pola makan Si Kecil agar lebih baik. Dan jika penyebabnya adalah stres akibat toilet training, maka Moms perlu mengubah metode toilet training yang selama ini dilakukan.

 

6.    Beri asupan bakteri baik

Moms, bakteri baik juga penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Salah satunya adalah lactobacillus reuteri yang terbukti secara klinis dapat meringankan konstipasi.

 

Si Kecil yang pernah mengalami sembelit mungkin akan merasa takut untuk buang air besar karena pengalaman yang tak menyenangkan sebelumnya. Karenanya, Moms perlu tetap tenang dalam menghadapinya. Yuk, sebisa mungkin hindari penyebab sembelit sehingga Si Kecil tak berulang kali mengalaminya dan selalu grow happy.