Parenting Corner

Cara Memilih Gelas Susu yang Sesuai untuk Anak Minum

16 April 2021

Menggunakan gelas bisa menjadi pilihan bagi Si Kecil di atas usia 1 tahun saat minum susu untuk pertumbuhan. The American Academy of Pediatrics menyarankan anak untuk tidak minum menggunakan botol lagi sebelum berusia 18 bulan dan lebih baik minum susu di gelas. Salah satu alasannya, apabila anak menggunakan botol saat minum, gula dan asam dalam minuman bisa melekat pada gigi lebih lama dan mengakibatkan kerusakan gigi.

Tentunya, Moms juga perlu memilih gelas yang sesuai untuk digunakan Si Kecil, baik untuk minum air putih, susu untuk pertumbuhan, atau minuman lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Ibu memilih gelas anak yang sesuai. Simak, yuk!

  1. Gelas minum susu untuk anak dengan sedotan juga bisa menjadi pilihan. Dengan menggunakan gelas semacam ini, Moms bisa sekaligus mengajarkan anak untuk minum menggunakan sedotan. Dengan menggunakan gelas dengan sedotan, kemungkinan minuman tumpah lebih sedikit dan Si Kecil bisa sekaligus belajar minum dengan sedotan. Selain untuk minum air, gelas dengan sedotan juga bisa digunakan untuk minum susu untuk pertumbuhan, sebagai transisi sebelum anak belajar menggunakan gelas anak yang terbuka.
  2. Tentunya gelas anak tanpa penutup juga memiliki keunggulan. Gelas tanpa tutup dapat membantu anak belajar minum tanpa tumpah. Walaupun tentunya pada masa awal anak mulai belajar menggunakan gelas tanpa tutup, menumpahkan air di dalam gelas tentu tak bisa dihindari. Moms bisa menyiasatinya dengan mencoba penggunaan gelas tanpa tutup oleh anak yang diisi air sedikit saja sambil diawasi oleh orangtua.
  3. Pilihlah gelas minum susu untuk anak yang bahannya aman untuk kesehatan. Mislanya jika hendak memilih gelas anak dari bahan plastik, pastikan produk tersebut tidak mengandung BPA (Bhisphenol), beberapa studi menyebutkan bahwa bahan BPA, yang umum terdapat dalam plastik, kemungkinan lebih banyak efeknya pada anak-anak. Selain memilih bahan plastik yang bebas BPA, Moms juga dapat memilih gelas minum anak dari bahan lain yang tidak mengandung BPA, seperti bahan stainless steel.

Yuk Moms, ajarkan anak minum dengan menggunakan gelas anak, termasuk ketika minum susu untuk pertumbuhan, supaya anak lebih mandiri dan terhindar dari kerusakan gigi.Moms juga bisa mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan LACTOGROW formula baru. Kini dengan 0 gram sukrosa dan termasuk susu probiotik L. reuteri serta serat pangan. Perut sehat awal Si Kecil Grow Happy.




Bagikan : Facebook WhatsApp