Gambar 1 Pemberian Minyak Ikan Untuk Anak

Serba-serbi Memberikan Minyak Ikan untuk Anak

Untuk mendukung proses tumbuh kembangnya, Si Kecil membutuhkan asupan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Asupan nutrisi ini bisa didapat Si Kecil dari berbagai sumber. Salah satu yang tentunya sering Moms dengar baik dalam mendukung tumbuh kembang Si Kecil adalah omega-3. Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat minyak ikan untuk anak? Berapa banyak sebaiknya Si Kecil mengonsumsi minyak ikan? Yuk Moms, cari tahu lebih banyak mengenai serba-serbi pemberian minyak ikan untuk anak dengan membaca penjelasan singkat di bawah ini.

  1. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3. Tiga tipe utama dari omega-3 adalah Alpha Linolenic Acid (ALA), Eicosa Pentaenoic Acid (EPA), dan Docosa Hexaenoic Acid (DHA). ALA bisa didapat dari sumber nabati seperti sayuran dan biji-bijian, sementara EPA dan DHA bisa didapat dari ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan tuna. Karena tubuh kita tidak bisa memproduksi sendiri, maka omega-3 perlu didapat dari makanan yang dikonsumsi anak.
  2. Omega-3 yang bisa didapat dari minyak ikan ini berperan penting dalam kerja otak, mendukung tumbuh kembang anak, dan juga meringankan inflamasi.
  3. Minyak ikan juga dipercaya dapat membantu meringankan gangguan pencernaan, misalnya konstipasi.Asam lemak omega-3 berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk fungsi pencernaan.
  4. Minyak ikan untuk anak bisa didapat secara alami dari ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan tuna. Selain itu, sumber lainnya seperti udang, kerang, ikan lele, tuna kaleng dan sebagainya juga bisa jadi pilihan walaupun dengan jumlah kandungan DHA maupun EPA yang lebih rendah.
  5. Seberapa banyak sebaiknya Si Kecil mengonsumsi minyak ikan? Menyajikan ikan berlemak baik dua kali dalam seminggu bisa menjadi pilihan konsumsi minyak ikan untuk anak.
  6. Apabila Moms hendak memberikan suplemen minyak ikan untuk anak, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter anak. Untuk memastikan Si Kecil memang membutuhkan suplemen tersebut atau tidak, dan berapa banyak dosis yang diperlukan.
  7. Hindari memberikan suplemen minyak ikan apabila Si Kecil alergi terhadap ikan dan makanan laut lainnya. Karena ini pula Moms perlu berdiskusi dengan dokter dahulu sebelum memberikan suplemen pada anak.

Seperti yang disebutkan di atas, minyak ikan adalah sumber DHA. Mengingat tubuh kita tidak dapat menghasilkan DHA sendiri, konsumsi minyak ikan dapat membantu memenuhi kebutuhan DHA untuk mendukung tumbuh kembang anak. Nah, selain dari minyak ikan, DHA juga bisa didapat dari susu pertumbuhan yang sudah difortifikasi dengan DHA.