Gambar 10 Resiko Karies Gigi Si Kecil

Minimalkan Risiko Karies Si Kecil

Menurut penelitian, gula tambahan (sukrosa) menjadi salah satu penyebab   karies gigi pada anak. Happy Parents tentu tak ingin gigi Si Kecil mengalami hal tersebut, bukan? Oleh sebab itu, yuk, ketahui cara menjaga asupan gulanya agar tetap sehat dan seimbang sehingga bisa Grow Happy.

WHO merekomendasikan agar anak-anak usia 1-5 tahun mengurangi jumlah konsumsi gula tambahan dan hanya mengonsumsi gula tambahan sebesar 10% dari total asupan energi harian atau setara dengan atau setara dengan 33-35 g (3 sendok makan), bahkan jika memungkinkan hanya 5% dari total asupan energi harian atau sekitar 25gr (5 sendok teh) saja.

Gula tambahan pada makanan paling banyak ditemukan pada minuman manis kemasan, roti dan kue manis, diikuti oleh permen serta kembang gula. Karena itu Moms perlu memilih camilan sehat yang tidak mengandung gula tambahan untuk diberikan kepada Si Kecil. Moms bisa mengganti camilan manis dengan buah-buahan segar, susu, , sayuran, dan kacang-kacangan. Atau Moms juga bisa menggunakan sedikit madu sebagai pemanis alami untuk camilan Si Kecil.

Kandungan yang terdapat dalam apa yang dikonsumsi Si Kecil merupakan hal yang perlu diperhatikan lho, Moms! Terutama kandungan sukrosa dalam makanan dan minumannya, karena sukrosa merupakan gula tambahan, yang paling umum dan banyak digunakan pada makanan dan minuman,6 juga merupakan gula yang paling menyebabkan karies dibandingkan jenis gula lainnya.

Sebagai ganti makanan dan minuman dengan gula tambahan yang dapat menyebabkan karies, alangkah baiknya jika Moms beralih ke makanan dan minuman sehat untuk memenuhi nutrisi harian Si Kecil.

Happy Moms dapat memberikan Si Kecil susu pertumbuhan yang mengandung laktosa sebagai pemanisnya, karena laktosa merupakan gula alami yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil. Laktosa disebut sebagai salah satu komponen paling bergizi yang terdapat dalam susu, gula yang terbukti paling tidak kariogenik dibandingkan jenis gula lainnya, dan sangat penting dikonsumsi Si Kecil. . Selain itu susu juga mengandung kalsium, vitamin D, protein, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan Si Kecil agar dapat tumbuh sehat dan bahagia.