Moms, Yuk Tanamkan 5 Nilai Ini Sejak Kecil agar Dirinya Lebih Mandiri

Facebook Twitter
tingkatkan-kemandirian-si-kecil
Caption
Article Title
Body

Meski anak masih berada di bawah pengawasan orangtua, bukan berarti mereka

harus terus bergantung dengan Moms. Pastinya Moms mau si kecil tumbuh menjadi anak mandiri, ‘kan? Apalagi tantangan masa depan yang akan dihadapi nanti jauh lebih berat dari hari ini. Dengan kemandirian yang dimiliki si kecil, ia akan lebih siap untuk menghadapi tantangan di masa depan. Yuk Moms, mulai didik anak untuk jadi lebih mandiri dengan beberapa hal di bawah ini.

 

1. Dikasih kepercayaan dan tanggung jawab

 

1

 

Karena si kecil masih belum mengerti betul soal konsep tanggung jawab dan kepercayaan, maka Moms harus memperkenalkannya dengan perlahan. Tidak perlu terlalu tegas sejak awal, Moms. Cukup gunakan cara-cara yang masih halus. Contohnya, dengan membereskan mainan sendiri, mulai menggunakan pakaian sendiri, hingga belajar gosok gigi sendiri. Meskipun ini adalah kegiatan-kegiatan yang sederhana, namun dengan kegiatan sederhana ini si kecil bisa belajar untuk menyelesaikan tugas.

 

2. Sering dilibatkan dalam aktivitas Moms

 

2

 

Selama masa pertumbuhan, anak akan mencari figur yang bisa dijadikan contoh. Untuk itu, penting supaya Moms hadir di setiap momennya. Moms bisa mengajak anak untuk melakukan kegiatan-kegiatan kecil yang ringan, tapi memiliki hasil. Contohnya, membuat kue bersama.

 

Dengan membuat kue, anak dapat mulai belajar untuk mengikuti resep, menggunakan peralatan memasak dengan hati-hati, dan membereskan peralatan-peralatan yang digunakan. Kegiatan ini terkesan sederhana, namun baik untuk membentuk si kecil tumbuh menjadi anak mandiri dan bertanggung jawab. Membuat kue juga jauh lebih aman karena tidak banyak melibatkan panas, benda tajam, dan alat-alat berbahaya lainnya.

 

3. Biarkan anak mencoba hal-hal baru

 

3

 

Anak mandiri adalah anak yang mampu berpikir secara mandiri. Untuk itu, Moms perlu membiarkan anak untuk mencoba berbagai hal. Dengan mencoba berbagai hal ini, anak bisa berproses saat melakukan berbagai kesalahan. Ingat Moms, kesalahan yang dilakukan anak tidak semuanya pantas untuk dihukum lho.

 

Apabila ia melakukan kesalahan, berikan bimbingan dulu dengan sabar. Untuk itu, penting buat Moms menciptakan suasana yang penuh kasih sayang dan aman. Dengan demikian anak bisa lebih nyaman untuk berproses. Selain itu, menurut Carl Pickhardt, seorang psikolog dari Amerika Serikat, orang tua sebaiknya memberikan pujian ketika anak berani untuk mencoba hal baru.

 

4. Berikan penghargaan atas pencapaiannya

 

4

 

Mendidik si kecil agar menjadi mandiri bukan berarti lupa untuk memuji pencapaiannya. Moms bisa memberikan pujian atau penghargaan atas pencapaiannya. Tidak harus semua. Cukup yang penting-penting saja, Moms.

 

Misalnya, saat si kecil berhasil memakai bajunya sendiri, berhasil membereskan mainan untuk pertama kali, atau berhasil menggosok gigi sendiri. Penghargaan yang Moms berikan ini sangat baik untuk kepercayaan dirinya kelak. Namun, tentu saja selama itu adalah pencapaian yang positif ya, Moms.

 

5. Memperbolehkan anak bermain dengan teman sebayanya

 

5

 

Ingat Moms, seorang anak tidak bisa terus berada dalam lindungan orang tuanya. Soalnya anak akan menghadapi tantangan masa depan yang harus diselesaikan sendiri. Anak juga harus mulai belajar untuk bersosialisasi di luar lingkungan keluarga. Selama berinteraksi dengan teman sebaya anak akan belajar soal kompromi, saling menghargai, dan penyelesaian masalah.

 

Maria Kalpidou, Ph.D., profesor psikologi dari Assumption College, Massachusetts, Amerika Serikat menyatakan bahwa saat bermain bersama teman sebayanya anak akan belajar untuk menyelesaikan masalah agar bisa terus bermain bersama. Ketiga hal ini akan sangat membantu si kecil untuk mampu berpikir secara mandiri. Jadi, selain baik untuk perkembangan EQ, bermain dengan teman sebaya juga baik juga untuk perkembangan otaknya. Tapi tentu saja juga perlu diawasi juga ya, Moms.

 

Dari kelima poin di atas, Moms bisa lihat bahwa anak mandiri adalah anak yang berani untuk mengeksplorasi dirinya sendiri dan lingkungannya. Saat eksplorasi ini, anak akan mencoba berbagai hal baru. Moms, mungkin akan khawatir soal kesehatan anak ketika sedang bermain dengan teman-temannya. Tenang saja, selama kebutuhan nutrisi sehat si kecil terpenuhi, ia tidak akan mudah sakit.

 

Pastikan Moms selalu memberikan asupan yang mengandung omega 3 & 6 yang bisa mendukung perkembangan otak anak. Jangan salah Moms, banyak penyakit anak yang bermula dari saluran cernanya lho. Jadi, salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan menjaga kesehatan saluran cernanya. Untuk itu, Moms bisa memberikan susu LACTOGROW untuk kebutuhan nutrisi harian anak.

 

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mendidik si kecil tumbuh menjadi anak mandiri. Moms, pasti bisa!