Manfaat Lactobacillus Reuteri yang Perlu Moms Ketahui

Moms tentu sudah pernah mendengar mengenai probiotik, bukan? Probiotik, atau bakteri baik, dibutuhkan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Probiotik ini mengandung berbagai mikroorganisme, salah satunya adalah lactobacillus reuteri. Menurut penelitian, ada banyak manfaat lactobacillus reuteri terhadap kesehatan pencernaan anak. Mau tau apa saja? Yuk, baca penjelasan singkat mengenai lactobacillus reuteri dan juga manfaat lactobacillus reuteri di bawah ini.

 

  • Lactobacillus reuteri adalah jenis bakteri baik yang berperan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Nama lactobacillus reuteri didapat dari ahli mikrobiologi asal Jerman yang menemukannya, Gerhard Reuter.

 

  • Berbagai penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat lactobacillus reuteri adalah dapat mengurangi durasi diare akut pada anak.

 

  • Menurut penelitian, manfaat lactobacillus reuteri dalam mengatasi diare termasuk untuk diare yang merupakan indikasi rotavirus, yaitu infeksi yang dapat mengakibatkan diare, dehidrasi, dan sebagainya.

 

  • Lactobacillus reuteri mempunyai efek anti-inflamasi sehingga dapat membantu mengatasi kolik pada anak usia dini. Sung (2013) menyebutkan bahwa lactobacillus reuteri merupakan probiotik yang secara signifikan menurunkan waktu menangis pada anak yang kolik.

 

  • Lactobacillus reuteri juga disebut efektif dalam mengatasi konstipasi pada anak.

 

  • Lactobacillus reuteri adalah salah satu jenis probiotik yang terbukti secara klinis efektif membantu anak yang mengalami gangguan pencernaan fungsional.

 

Melihat banyaknya manfaat lactobacillus reuteri bagi kesehatan pencernaan Si Kecil, yuk Moms, pastikan Si Kecil mendapatkannya dalam jumlah yang cukup, ya. Salah satunya melalui susu pertumbuhan yang diperkaya dengan lactobacillus reuteri. Pencernaan sehat tentu akan membantu Si Kecil grow happy.