Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Untuk Si Kecil

Happy parents, menyaksikan si Kecil tumbuh dan berkembang secara optimal pasti menjadi salah satu harapan terbesar orang tua. Tapi, tahukah Moms and Dads kalau ternyata kualitas tumbuh kembang si kecil sangat erat kaitannya dengan kebahagiaan dirinya? Kebahagiaan ternyata dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan si kecil, seperti kesehatan fisik, mental, sosial-emosional, dan prestasi akademik.

Si Kecil yang bahagia akan tumbuh menjadi pribadi yang aktif, kooperatif, percaya diri, mudah bersosialisasi, memiliki motivasi untuk berprestasi akademik, dan secara umum memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik. Nah, mungkin sekarang Moms and Dads jadi bertanya-tanya, “Kalau begitu, apa ya yang bisa kami lakukan supaya si kecil grow happy?”. Ternyata bukan hanya dengan bermain dan menghabiskan waktu bersama Si Kecil,tapi menjaga saluran cernanya juga menjadi salah satu faktor yang mendukung anak bahagia.

 Happy parents, seiring dengan berkembangnya penelitian tentang saluran cerna, ditemukan bahwa jenis makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh pada kondisi saluran cerna dan kesehatan fisik secara keseluruhan. Bahkan, untuk sekadar beraktivitas sehari-hari dengan optimal, Si Kecil membutuhkan saluran cerna dalam kondisi yang baik. Nah, berikut terdapat beberapa tips yang bisa happy parents lakukan untuk menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil:

  1. Konsumsi beraneka ragam makanan yang bergizi seimbang

Si Kecil perlu mengonsumsi beraneka ragam makanan karena tidak ada satu jenis makanan yang bisa mencukupi seluruh asupan gizi hariannya sekaligus. Selain itu, semakin beragam jenis makanan yang dikonsumsi juga dapat memperkaya jenis bakteri baik di saluran cerna.

 

  1. Cukupi kebutuhan serat harian

Buang air besar yang teratur merupakan salah satu tanda saluran cerna yang sehat. Hal ini bisa terjadi apabila si kecil mengonsumsi cukup serat. Selain itu, serat juga diperlukan untuk membentuk keseimbangan bakteri baik di saluran cerna. Contoh makanan yang mengandung serat adalah umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

  1. Membatasi asupan gula tambahan

Gula terkandung hampir di semua jenis bahan makanan, baik di bahan makanan hewani maupun nabati. Oleh karena itu, Si Kecil sebenarnya tidak membutuhkan asupan gula tambahan lagi loh, happy parents! Gula tambahan yang berlebihan bahkan dapat memicu peradangan di saluran cerna. Akibatnya, pencernaan dan penyerapan makanan di usus menjadi tidak optimal. Si kecil pun bisa menjadi rentan sakit sehingga tumbuh kembangnya terganggu.

 

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh 

Kebutuhan cairan tubuh dapat dipenuhi dengan mengonsumsi air mineral. Kekurangan cairan tubuh dapat menghambat proses pencernaan dan penyerapan makanan di saluran cerna. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan konsumsi cairan sebanyak 1,2-1,5 liter untuk anak usia 1-6 tahun.

 

  1. Bergerak aktif

Bergerak aktif dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna dengan cara mengefektifkan produksi enzim dan hormon yang terlibat dalam proses pencernaan dan penyerapan makanan, mengoptimalkan durasi pencernaan makanan, serta menjaga keseimbangan bakteri baik saluran cerna. Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk berolahraga secara teratur minimal 3 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit/hari.

 

  1. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Secara alami, saluran cerna dikelilingi oleh probiotik atau bakteri baik yang bertugas untuk melindungi saluran cerna dari bibit penyakit. Namun, jumlah dan jenisnya tergantung dari apa yang dikonsumsi. Sering kali jumlahnya berkurang karena Si Kecil terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memicu peradangan (contoh: snack dengan pengawet, perasa, pewarna, atau pemanis berlebih), sedang mengonsumsi obat, atau mengalami stress berlebih. Nah, untuk membantu mengembalikan keseimbangan probiotik di saluran cerna, happy parents bisa memberikan Si Kecil segelas susu Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri yang mengandung Lactobacillus reuteri dan dilengkapi dengan kandungan zat besi, omega-3, omega-6, dan 12 vitamin.

 

Yuk happy parents, kita jaga kesehatan pencernaan Si Kecil! Dimulai dari kondisi saluran cerna yang sehat, kita dapat mendukungnya tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Tumbuh bahagia dimulai dari hati dan sejak dini. Grow Happy!