Kenapa Penting Dukung Anak Tumbuh Bahagia?

Facebook Twitter
Kenapa Penting Dukung Anak Tumbuh Bahagia
Caption
Article Title
Body

Memiliki keluarga bahagia, tentu menjadi impian bagi Happy Parents. Meski begitu untuk mewujudkan hal ini, banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Moms and Dads. Salah satunya mendukung Si Kecil tumbuh bahagia sejak  dini. Hal ini penting diperhatikan, karena kebahagiaan Si Kecil dapat membantu optimalkan tumbuh kembangnya. Apa saja sih, pentingnya memastikan Si Kecil tumbuh bahagia? Simak info selengkapnya di bawah ini, Moms.

 

  • Anak yang Bahagia, Anak yang Sehat

Meluangkan waktu berkualitas bersama Si Kecil, mendukungnya main bersama anak seusianya, dan mengembangkan hobinya, bisa jadi beberapa cara membahagiakan anak. Anak yang bahagia, selain aktif bergerak dan senang bermain, juga memiliki kondisi kesehatan yang senantiasa terjaga. Kenapa bisa begitu?

Menurut ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Saptawati Bardosono, MSc, kebahagiaan dan kesehatan anak saling berhubungan. Ini karena terjadinya komunikasi antara otak dan perut Si Kecil, atau dikenal dengan istilah Gut-Brain Axis. Saat Si Kecil mengalami stres, otak akan mengirim sinyal ke saluran cerna yang akibatnya dapat memengaruhi daya tahan tubuh Si Kecil. Sebaliknya, kondisi saluran cerna yang sehat dapat mengirimkan sinyal ke otak yang bisa membantu membuat mood Si Kecil makin happy. Untuk itu, penting bagi Moms and Dads membangun lingkungan dan suasana yang bahagia bagi Si Kecil.

 

  • Anak yang Bahagia Memiliki Kemampuan Sosial yang Lebih Baik

Kemampuan sosial tentu menjadi hal yang tak kalah penting dalam mendukung masa depan Si Kecil. Untuk mengembangkan kemampuan sosial anak, perlu dimulai dengan memastikannya merasa bahagia. Menurut psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi., Psi., ACC, anak yang tumbuh di lingkungan keluarga bahagia dapat mendukungnya menjadi percaya diri dan mudah bergaul. Kemampuan inilah yang akan berperan penting pada kehidupan sosialnya di luar rumah. Untuk mewujudkannya, Moms and Dads perlu lebih sering meluangkan waktu berkualitas bersama Si Kecil dan menjalin komunikasi yang menyenangkan di dalam keluarga.

 

  • Anak yang Bahagia Sukses dalam Pendidikan & Karier

Anak yang bahagia memiliki kesempatan lebih besar untuk sukses dalam bidang akademis dan juga karier. Elizabeth Santosa, menjelaskan bahwa anak yang tumbuh bahagia memiliki kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, kemampuan sosial, dan kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik dibandingkan anak-anak pada umumnya. Tak hanya itu, menurut studi yang dilakukan psikolog dari Pennsylvania State University dan Duke University, anak yang bahagia akan mengerti dan memahami peraturan di sekitarnya. Kemampuan ini dapat memengaruhi berbagai aspek di masa depan Si Kecil, termasuk keberhasilan pada pendidikan, kesuksesan dalam karier, dan pencapaian lainnya.

 

Lalu, bagaimana cara mendukung Si Kecil untuk tumbuh bahagia? Salah satunya, dengan memastikan anak mengonsumsi makanan bergizi seimbang, seperti yang disarankan oleh Saptawati Bardosono. Asupan nutrisi yang tepat dapat membantu melindungi kesehatan saluran cerna Si kecil. Susu Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri mengandung Lactobacillus reuteri untuk membantu melindungi saluran cerna Si Kecil dan mendukung tumbuh kembangnya.

 

Kondisi saluran cerna yang sehat, awal dari upaya untuk mendukung Si Kecil tumbuh bahagia sejak dini. Dengan begitu, Moms and Dads dapat mewujudkan keluarga bahagiaGrow Happy!