Kenali Gangguan Pencernaan Anak Sesegera Mungkin

Jika Anak Terkena Gangguan Pencernaan
Caption

Article Title

Body

Moms, pencernaan adalah organ yang penting banget dalam proses tumbuh kembang Si Kecil, lho. Bayangin saja, saluran cerna adalah organ kekebalan tubuh yang paling besar karena 80% sel pada saluran cerna menghasilkan antibodi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kita. Tetapi, pada usia dini saluran pencernaan belum terbentuk dengan sempurna sehingga Si Kecil mudah banget mengalami gangguan pencernaan anak seperti kolik, konstipasi atau sembelit, dan diare. 

Nah, supaya Si Kecil selalu sehat dan grow happy, Moms perlu mengenali ciri gangguan pencernaan anak sehingga apabila Si Kecil mengalaminya, Moms bisa segera mengatasi dengan cara yang tepat. Yuk, intip beberapa cirinya di bawah ini.

 

1.    Frekuensi BAB Si Kecil

Dari BAB Si Kecil Moms bisa mengetahui kondisi kesehatan pencernaan Si Kecil, lho. Salah satu hal yang perlu Moms perhatikan adalah frekuensi BAB anak. Umumnya Si Kecil usia balita BAB 1-3 kali sehari. Maka, ciri gangguan pencernaan anak yang perlu diwaspadai adalah jika Si Kecil BAB lebih dari 3 kali sehari atau tidak BAB sama sekali.

 

2.    Konsistensi feses Si Kecil

Seiring bertambahnya usia Si Kecil, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi akan semakin beragam dan fesesnya pun semakin menyerupai feses dewasa, yaitu agak padat dan memanjang. Ciri gangguan pencernaan anak juga bisa dilihat dari konsistensi feses ini. Misalnya anak yang mengalami sembelit fesesnya biasanya kering dan keras. Sedangkan jika feses Si Kecil lunak sekali dan bahkan cair, kemungkinan besar ia mengalami diare.

 

3.    Warna feses Si Kecil

Warna feses bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya jenis makanan yang dikonsumsi, obat, bakteri dan sebagainya. Yang perlu Moms waspadai adalah apabila feses Si Kecil berwana kemerahan dari darah atau kehitaman karena hal ini bisa jadi tanda Si kecil mengalami alergi tertentu atau ada gangguan di saluran cerna seperti kerongkongan, lambung, atau ususnya.

 

4.    Lihat perut Si Kecil

Moms, salah satu ciri gangguan pencernaan anak adalah apabila perut Si Kecil membesar atau membuncit dan keras ketika ditekan. Hal ini bisa terjadi apabila anak mengalami kembung dan juga konstipasi.

 

5.    Kentut Si Kecil

Ya, kentut memang ‘panggilan alam’ yang wajar dan sudah seharusnya terjadi. Yang perlu Moms perhatikan justru apabila Si Kecil tidak bisa kentut, atau jika Si Kecil kentut dengan bau luar biasa yang tidak seperti biasanya.

 

Apabila Moms dapat mengenali ciri gangguan pencernaan anak, maka Moms jadi bisa segera mengatasinya dengan tepat, bukan? Yuk, selalu jaga kesehatan pencernaan anak sehingga proses tumbuh kembangnya berjalan lancar dan ia selalu gembira.