Jenis-jenis Makanan Mengandung Probiotik untuk Anak

Moms, 80% dari sistem kekebalan tubuh Si Kecil terdapat dalam saluran pencernaannya, lho. Karena itu, kesehatan pencernaan perlu dijaga untuk mendukung kesehatan tubuh anak secara umum dan juga untuk memastikan proses tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Salah satu cara untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan anak adalah dengan mengomsumsi probiotik, yang merupakan bakteri baik, sehingga jumlah bakteri baik di pencernaan anak lebih banyak jumlahnya daripada bakteri jahat. Jenis probiotik untuk anak diantaranya adalah lactobacillus dan bifidobacterium. Lactobacillus reuteri adalah salah satu jenis probiotik yang terbukti klinis membantu mengurangi gangguan cerna fungsional pada anak.

Probiotik bisa didapatkan Si Kecil dari berbagai sumber makanan. Berikut ini adalah beberapa sumber pangan dengan jenis probiotik untuk anak yang dapat dengan mudah Moms sertakan dalam menu sehari-hari Si Kecil. Baca, yuk!

  1. Yogurt

Yogurt mungkin salah satu makanan dengan jenis probiotik untuk anak yang paling populer. Yogurt terbuat dari susu yang difermentasi dengan bakteri baik. Selain memberikan banyak manfaat dari probiotik di dalamnya, mengonsumsi yogurt juga bisa jadi pilihan bagi anak yang intoleransi terhadap laktosa. Karena pada saat proses fermentasi, bakteri baik mengubah laktosa menjadi asam laktat. Ini pula yang memberikan rasa asam pada yogurt.Moms dapat dengan mudah menyajikan yogurt menjadi berbagai menu untuk Si Kecil. Misalnya yogurt dengan campuran buah segar, yogurt sebagai saus, yogurt yang diolah menjadi puding, smoothies dan lain sebagainya.

  1. Tempe

Tempe yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi adalah makanan yang umum bagi orang Indonesia. Harganya tidak mahal dan dapat dengan mudah diolah menjadi berbagai menu sehari-hari bagi Si Kecil. Tempe dikenal sebagai sumber protein yang baik. Selain itu, tempe juga merupakan bahan pangan sumber probiotik dan mengandung vitamin B12 yang baik bagi Si Kecil.

  1. Keju

Walau memang tak semuanya, tetapi ada beberapa jenis keju juga mengandung probiotik lho, Moms. Misalnya keju cheddar, keju mozzarella atau keju gouda. Untuk Si Kecil, Moms bisa menyajikan keju untuk dimakan bersama biskuit atau roti, diolah menjadi sup krim, atau sebagai toping untuk pizza. Tambahkan sayuran dalam aneka menu tadi untuk memperkaya kandungan nutrisinya, ya.

  1. Miso

Sama seperti tempe, miso terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Meskipun berasal dari Jepang, miso sekarang juga populer dan mudah didapat di Indonesia. Miso bisa diolah menjadi sup dengan potongan tahu yang cocok untuk menu Si Kecil. Selain mengandung probiotik, miso juga merupakan sumber protein, serat, dan vitamin K.

Memang umumnya probiotik bisa didapat dari makanan atau minuman yang difermentasi. Tetapi tidak semua hasil fermentasi mengandung probiotik lho, Moms. Ada beberapa jenis yang memang melewati proses pengolahan yang akan menghilangkan kandungan probiotiknya. Nah, selain yang disebutkan di atas, Si Kecil tentu juga bisa mendapatkan jenis probiotik untuk anak dari susu pertumbuhan yang diperkaya dengan probiotik. Yuk Moms, pastikan Si Kecil mendapat probiotik yang cukup untuk mendukung kesehatan pencernaannya supaya ia grow happy.