Kenali Hal Seputar Susu untuk Pencernaan Anak

Agar tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal, Si Kecil perlu mendapat asupan nutrisi seimbang setiap harinya. Selain melalui makanan pokok dengan menu sehat, susu juga dapat menjadi pilihan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Karena susu mengandung berbagai vitamin, mineral dan juga nutrisi lain yang dapat mendukung tumbuh kembang anak.

 

Masih berkaitan dengan pemenuhan nutrisi anak agar tumbuh kembangnya optimal, pencernaan yang sehat juga berperan penting agar nutrisi yang sudah Mam berikan bagi Si Kecil melalui menu sehat sehari-hari dapat diserap oleh tubuhnya dengan baik. Nah, selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seperti yang disebutkan di atas, susu juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna anak, lho. Yuk Mam, baca lebih lanjut mengenai manfaat susu untuk pencernaan anak berikut ini.

 

Nutrisi apa di dalam susu yang dapat mendukung kesehatan pencernaan anak?

Susu secara alami mengandung protein, kalsium, dan potasium. Beberapa jenis nutrisi lain juga dapat difortifikasi ke dalam susu, misalnya vitamin D, vitamin A, dan probiotik. Susu juga mengandung laktosa, yaitu sumber karbohidrat terpenting di dalam susu. Laktosa dapat dipecah oleh enzim laktase untuk menjadi glukosa dan galaktosa. Hasil hidrolisis ini kemudian akan diserap ke dalam aliran darah sebagai nutrisi. Laktosa ini lah yang juga merupakan komponen susu yang berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan anak.

 

Apa manfaat laktosa dalam susu untuk pencernaan anak?

Manfaat laktosa dalam susu untuk pencernaan anak adalah sebagai berikut.

1.      Meningkatkan pertumbuhan bakteri baik

2.      Menghambat pertumbuhan bakteri patogen

3.      Memicu pertumbuhan bakteri yang dapat memproduksi vitamin

4.      Mendukung penyerapan mineral seperti kalsium

Bagaimana susu dengan probiotik dapat menjaga kesehatan pencernaan anak?

Seperti yang disebutkan di atas, susu juga bisa difortifikasi dengan probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki manfaat bagi tubuh kita. Karenanya probiotik juga dikenal sebagai bakteri baik. Probiotik dapat mengandung berbagai jenis mikroorganisme, dua diantaranya adalah lactobacillus dan bifidobacterium. Lebih lanjut lagi, penelitian menunjukkan bahwa lactobacillus reuteri berperan positif dalam mengatasi berbagai gangguan pencernaan fungsional pada anak, misalnya kolik, diare, dan juga konstipasi.

 

Moms, ternyata konsumsi susu bukan hanya untuk memenuhi asupan nutrisi Si Kecil, ya. Tetapi juga untuk mendukung kesehatan saluran cernanya. Karena itu, yuk cermat memilih susu untuk dikonsumsi Si Kecil agar manfaat susu untuk pencernaan anak menjadi maksimal. Jika pencernaan Si Kecil sehat, tentu ia juga akan grow happy.