DIY mainan anak 3 tahun

Ide Membuat Sendiri Mainan untuk Anak 3 Tahun

Moms tentu tahu bahwa aktivitas bermain bukan hanya membuat anak happy, tetapi juga merupakan cara untuk menstimulasi anak dan mendukung tumbuh kembangnya agar berjalan optimal. Nah, Moms bisa mencoba DIY mainan anak 3 tahun dengan menggunakan berbagai bahan yang mudah didapat sehingga mainan bagi Si Kecil bisa Moms sesuaikan dengan kebutuhan dan tahap tumbuh kembangnya saat ini. Yuk Moms, coba beberapa ide DIY mainan anak 3 tahun berikut ini.

 

  1. Memilah bentuk dan warna

DIY mainan anak 3 tahun ini akan membantu Si Kecil belajar memilah, mengenal serta membedakan bentuk geometri, mengenal warna, ukuran dan juga mengembangkan kreativitasnya. Cara membuatnya sangat mudah. Moms tinggal membuat bentuk geometri dengan berbagai ukuran dari kertas aneka warna. Bisa menggunakan kertas lipat polos atau kertas dengan motif. Supaya lebih awet, lapisi bagian belakang bentuk geometri tadi dengan karton bekas kemasan. Si Kecil bisa memainkannya dengan berbagai cara. Misalnya memilah sesuai bentuk geometri atau sesuai warna dan motif. Si Kecil bisa menyusunnya dengan pola tertentu. Misalnya merah-merah-hijau atau pola geometrinya. Si Kecil juga bisa menyusun berbagai bentuk geometri tadi menjadi sebuah benda. Misalnya bentuk rumah, mobil, kereta api, orang, dan sebagainya.

 

  1. Memancing ikan

Yuk, ajak Si Kecil memancing ikan di ruang keluarga! Buat beberapa bentuk ikan yang agak besar dengan karton bekas kemasan. Moms dapat membuat ikan dengan 2 ukuran. Yang besar sekitar 20-25cm dan yang agak kecil sekitar 15cm. Lapisi ikan-ikan karton tadi dengan kertas aneka warna. Lubangi bagian mulutnya dengan pembolong kertas dan ikatkan benang wol membentuk lingkaran kecil sebagai tempat Si Kecil mengaitkan kail pancingannya nanti. Buat alat pancing dengan mengikat benang wol di ujung pipa plastik bekas gagang balon. Lalu ikatkan kail di ujung benang wol. Moms bisa membuat kail dengan menggunkan kawat bekas pengikat bungkusan makanan. Sebarkan ikan di lantai dan Si Kecil bisa mulai memancingnya. Supaya lebih seru, Moms bisa meminta Si Kecil memancing ikan warna tertentu, ukuran tertentu, atau jumlah tertentu. Melalui permainan ini Si Kecil akan belajar konsentrasi, mengenal warna dan angka, membedakan ukuran serta mengembangkan kemampuan koordinasi dan motoriknya.

 

  1. Bemain dengan jepitan jemuran

Bermain bebas juga memiliki banyak manfaat bagi Si Kecil, lho. Diantaranya adalah mengembangkan kreativitas dan imajinasi. Nah DIY mainan anak 3 tahun yang ini hanya memerlukan jepit jemuran dalam jumlah banyak. Kemudian Si Kecil bisa bebas membuat aneka bentuk dengan menjepitkan satu jepit jemuran dengan jepit jemuran lainnya. Menyerupai saat ia bermain balok. Manfaat lain dari permainan ini adalah membantu Si Kecil mengembangkan kemampuan motorik dan koordinasi tangannya saat ia harus memasangkan jepit jemuran tadi. Jika menggunakan jepit jemuran aneka warna, Si Kecil bisa sekaligus belajar mengenal warna.

 

Apakah Moms punya ide DIY mainan lainnya? Jangan lupa untuk memastikan semua bahan yang digunakan untuk DIY mainan anak 3 tahun aman bagi Si Kecil ya, Moms. Selamat berkreasi dan bermain bersama Si Kecil!