Ide Membuat Sendiri Mainan untuk Anak 2 Tahun

Bagi Si Kecil, manfaat bermain bukan hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga untuk membantunya belajar melakukan dan memahami berbagai hal yang masih baru baginya. Dr. Jack Shonkoff dari Harvard University menyebutkan bahwa bermain berarti melakukan eksplorasi, mencoba melakukan berbagai hal, dan mencari tahu mengenai sebab akibat. Bagi Si Kecil yang berusia 2 tahun bermain memang merupakan bagian penting dalam kesehariannya dan Moms dapat memanfaatkan aktivitas bermain sebagai cara untuk memberikan stimulasi yang memang dibutuhkan agar tumbuh kembangnya berjalan secara optimal.

 

Nah, yang perlu Moms ingat, Si Kecil tak memerlukan mainan mahal untuk bisa mendapat manfaat dari aktivitas bermain. Ada banyak ide DIY mainan anak 2 tahun yang dapat Moms coba. Bahan-bahan untuk membuat DIY mainan anak 2 tahun ini juga bisa Moms temukan di rumah atau bisa dibeli dengan harga yang tak mahal. Yuk, lihat beberapa idenya berikut ini.

 

  1. Meronce kalung raksasa

Yang Moms perlu siapkan untuk DIY mainan anak 2 tahun ini adalah tabung karton bekas tisu kamar mandi, cat non-toxic, 2 buah tali sepatu, dan gunting. Pertama-tama, gunting tabung tisu menjadi dua tabung yang lebih pendek agar mudah dironce oleh anak dan warnai dengan cat warna-warni. Sambungkan kedua tali sepatu dengan mengikat  ujung-ujungnyanya menjadi seuntai tali yang panjang. Kemudian Si Kecil bisa mulai meronce tabung aneka warna dengan tali sepatu tadi. Jika Si Kecil sudah selesai, sambungkan lagi kedua ujung tali sepatu menjadi sebuah kalung besar. Melalui mainan ini Si Kecil bisa belajar mengenai warna, pola, dan juga mengembangkan motorik halusnya.

 

  1. Rumah keluarga

DIY mainan anak 2 tahun ini pasti disenangi Si Kecil. Yang Moms butuhkan adalah kardus bekas kemasan, kain perca aneka warna, foto anggota keluarga, lem, dan gunting. Pertama-tama, buat pola geometri bujur sangkar besar untuk dinding rumah dengan segitiga besar di bagian atasnya sebagai atap pada kardus kemasan, kemudian gunting bentuk rumah tadi. Buat pola yang sama pada kain perca dan gunting. Bedanya, gunting dinding rumah dan atap dari kain perca terpisah yang lain warnanya. Pada kain perca warna lainnya buat beberapa pola bujur sangkar kecil untuk jendela dan satu persegi panjang untuk pintu, kemudian gunting. Rekatkan kain perca bujur sangkar dan segitiga besar pada potongan kardus berbentuk rumah. Kemudian rekatkan jendela-jendela serta pintu dengan memberikan lem hanya pada satu sisinya saja. Sehingga setiap jendela dan pintu nantinya bisa dibuka oleh Si Kecil. Di balik jendela dan pintu, rekatkan potongan foto setiap anggota keluarga. Melalui permainan ini Si Kecil dapat belajar mengenai nama anggota keluarganya, aneka bentuk geometri, belajar mengenai warna dan mengembangkan motorik halusnya.

 

  1. Bermain musik dapur

Yuk, keluarkan beberapa perangkat dari dapur untuk DIY mainan anak 2 tahun ini. Pastikan semua perangkat aman bagi Si Kecil, ya. Misalnya aneka wadah dari plastik, ember, panci, sendok kayu, atau spatula silikon. Susun terbalik di atas karpet dan biarkan Si Kecil menggunakan sendok kayu atau spatula untuk memukul alat-alat tadi menyerupai drum. Selain belajar mengenai berbagai bunyi yang dihasilkan, Si Kecil juga akan belajar koordinasi tangan dan melatih kekuatan tangannya.

 

Yang penting untuk Moms perhatikan saat berkreasi DIY mainan anak 2 tahun adalah memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan aman bagi Si Kecil dan ia memainkannya dalam pengawasan Moms. Selamat mencoba dan bersenang-senang bersama Si Kecil ya, Moms.