Parenting Corner

Moms, Inilah Daftar Barang Persiapan Melahirkan Normal

16 January 2023

Hari persalinan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh ibu hamil dan juga keluarga. Segala persiapan dilakukan ibu maupun keluarga untuk menyambut hadirnya anggota keluarga baru ke tengah-tengah mereka.

Mendekati hari persalinan tidak ada salahnya jika Moms maupun pasangan mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan saat menjelang maupun setelah proses persalinan.

Perlunya Mempersiapkan Barang Jelang Persalinan

Persalinan adalah hal yang direncanakan sehingga Moms pasti mengetahui kapan perkiraan hari kelahiran. Walau demikian, kontraksi menjelang melahirkan dapat datang kapan pun sehingga kadang tidak terduga.

Untuk itu, perlu dipersiapkan segala barang persiapan melahirkan yang mungkin dibutuhkan Moms dan juga Si Kecil pasca persalinan. Persiapan barang untuk melahirkan ini dapat mencegah adanya barang kebutuhan yang tertinggal saat hari kelahiran yang tentunya bakal mengganggu proses persalinan. Sebaiknya, tempatkan barang-barang tersebut pada satu tas yang mudah dibawa kapan pun.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Dehidrasi pada Bayi? Simak di Sini!

Daftar Barang Persiapan Melahirkan Normal yang Penting

Mempersiapkan barang persiapan melahirkan normal bisa dilakukan sejak usia kehamilan memasuki 34 minggu atau bahkan sebelumnya karena semakin lama waktu persiapan diharapkan semakin baik. Jangan menyepelekan dan menunda-nunda proses persiapan melahirkan normal karena dapat berisiko tergesa-gesa dan meningkatkan kemungkinan barang tertinggal.

Setiap orang memiliki barang kebutuhannya masing-masing sehingga antara Moms dengan ibu hamil lain bisa berbeda. Berikut ini list barang persiapan melahirkan yang bisa Moms gunakan sebagai acuan:

1. Perlengkapan Ibu:

  • Dokumen penting, termasuk KTP, kartu BPJS, kartu asuransi jika ada, kartu ATM, uang tunai, dan catatan pemeriksaan kandungan. Sebaiknya ditempatkan pada satu tas praktis yang bisa diambil sewaktu-waktu.
  • Pakaian ibu, termasuk daster, bra menyusui, celana dalam. Pilih pakaian yang nyaman dan longgar untuk memudahkan persalinan.
  • Perlengkapan mandi ibu, termasuk sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampo, dan handuk.
  • Perlengkapan higienitas, termasuk tisu basah dan kering, hand sanitizer, kain lap.
  • Sandal yang tidak licin
  • Bantal tidur atau bantal kecil
  • Barang-barang milik Moms yang dapat membantu menenangkan menjelang persalinan, seperti pemutar lagu, headset, buku bacaan, atau makanan ringan.

2. Perlengkapan Bayi:

Barang-barang bayi dapat digunakan selama bayi di rumah sakit atau saat bersiap untuk pulang ke rumah. Di antaranya:

  • Baju bayi
  • Kaus kaki bayi
  • Selimut bayi
  • Popok bayi
  • Bantal bayi

Tips Menyiapkan Barang Jelang Melahirkan

Untuk memudahkan persiapan, Moms atau pasangan bisa membuat daftar ceklis barang-barang kebutuhan menjelang persalinan yang hendak dibawa. Untuk memudahkan persiapan, Moms atau pasangan bisa membuat daftar checklist barang-barang kebutuhan menjelang persalinan yang hendak dibawa.

Selain mempersiapkan barang kebutuhan ibu hamil menjelang persalinan, Moms dan pasangan juga bisa mempersiapkan asupan nutrisi yang dibutuhkan setelah Si Kecil lahir. Setelah Si Kecil lahir, berikan ASI eksklusif dari bayi lahir sampai usia enam bulan, diikuti dengan pemberian MPASI yang aman dan tepat saat bayi berusia enam bulan.

Itulah Moms, penjelasan tentang barang persiapan melahirkan yang perlu diketahui. Mudah-mudahan informasi di atas bisa membantu persiapan melahirkan, Moms.




Bagikan : Facebook WhatsApp