Bermain Sambil Belajar, Ajak Anak Lakukan 5 Hal Ini yuk Moms!

permainan-untuk-si-kecil-bermain-sambil-belajar
Caption
Article Title
Body

Tahukah Moms? Saat si kecil berusia balita, si kecil sedang melalui masa-masa emasnya. Pada umur ini, milyaran koneksi dibentuk antara sel otak satu dengan sel otak lainnya yang akhirnya dapat mendorong perkembangan otak si anak. Nah, untuk mendorong perkembangan sel otak anak, Moms bisa memberikan stimulus positif untuk tumbuh kembang otak dan saraf motoriknya dengan mengajaknya bermain sambil belajar. Cari tau yuk, stimulus apa yang bisa Moms gunakan!

 

1.  Membacakan buku cerita untuk Si Kecil

 

1

 

Moms, ternyata membacakan cerita bisa meningkatkan kemampuan Si Kecil dalam mendengarkan dan berimajinasi loh. Selain itu, Si Kecil juga dapat mempelajari kosakata baru lewat buku yang Moms ceritakan dengan berbagai mimik, gestur bahkan ritme yang berbeda. Eugie Foster seorang penulis buku anak-anak mengatakan bahwa si kecil pada usia balita mempelajari rata-rata 9 kata dalam sehari.

 

Nah, Moms punya peran yang sangat penting nih untuk membuat dunia si kecil jadi lebih menyenangkan lewat dongeng yang Moms ceritakan atau lewat lagu yang Moms nyanyikan. Hal ini juga diungkapkan Allyn, seorang Executive Director sekaligus founder dari LitWorld. Nah, kalau si kecil paling suka mendengarkan dongeng atau bernyanyi nih, Moms?

 

2. Menyusun blok dengan bentuk-bentuk sederhana

 

2

 

Moms, menyusun blok mungkin terlihat sederhana bagi kita. Tapi tidak bagi si kecil. Saat usia balita, si kecil belajar menyelesaikan permasalahan lewat kasus sebab-akibat yang sederhana, namun seiring berkembangnya, rasa ingin tahunya juga akan meningkat berikut juga kesabarannya dan juga kerja kerasnya untuk mencapai suatu tujuan.

 

Permainan menyusun blok ini cocok banget buat si kecil untuk memberikan stimulus agar logika dan daya konsentrasi mereka meningkat, Moms. Tertarik untuk mencobanya dengan mereka nggak, Moms?

 

3. Bermain warna dengan krayon atau cat

 

3

 

Untuk meningkatkan daya kreativitas dan imajinasinya, coba ajak si kecil bermain warna dengan media cat atau krayon pada kertas atau kain putih. Selain mengenalkan mereka pada berbagai jenis warna, hal ini juga bisa memberikan stimulus kepada mereka untuk mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah loh, Moms. Selain itu dengan didorong untuk menciptakan sebuah karya lewat warna-warna ini juga dapat membantu mereka untuk mengembangkan pikirannya hingga imajinasinya. Bermain sambil bellajar bisa jadi sangat menyenangkan kan, Moms?

 

4. Bermain petak umpet di halaman rumah

 

4

 

Siapa bilang bermain dengan si kecil membutuhkan biaya yang mahal? Coba deh Moms, ajak ia bermain petak umpet, tak perlu jauh-jauh cukup di rumah saja. Caranya mudah, cukup dengan bersembunyi kemudian panggil si kecil, dan saat ia berhasil menemukan tempat persembunyian Moms, beri apresiasi berupa pelukan atau ciuman.

 

Lewat pelukan atau ciuman kepada si kecil, Moms juga sekaligus bisa mengembangkan sisi emosional dari mereka loh, Moms. Karena lewat kedua hal itu tadi, mereka akan lebih merasa aman, diperhatikan serta dicintai oleh orang tuanya. Anak yang mendapatkan perhatian secara emosional secara cukup juga cenderung menjadi anak yang lebih stabil dalam mengendalikan perasaannya serta kemampuan berpikirnya.

 

5. Bermain gelembung sabun

 

6

 

Dalam perkembangan Si Kecil motorik kasar dan halus serta keseimbangan antara koordinasi indera dan anggota badannya perlu juga ditingkatkan loh, Moms. Nah, untuk meningkatkan skill ini ternyata juga gak perlu mahal. Moms bisa ajak Si Kecil untuk bermain gelembung sabun di halaman rumah.

 

Dengan permainan ini, si kecil akan dilatih pergerakan tubuhnya serta mengembangkan sensor motorik kasar yang didapat dari mengejar gelembung sabun untuk dipecahkan. Dijamin, bermain sambil belajar dengan permainan ini pasti seru banget dan bikin Si Kecil senang!

 

Nah, Moms, itu tadi lima permainan edukasi yang bisa Moms lakukan bareng si kecil. Eits, tapi selain dengan mengembangkan skill si kecil lewat permainan, Moms juga harus pastikan Si kecil terpenuhi kebutuhan nutrisinya lewat asupan yang dikonsumsi setiap hari, loh.

 

Apalagi di masa pertumbuhan ini, si kecil juga membutuhkan asupan yang bisa mendukung perkembangan otaknya seperti minyak ikan, omega 6 dan omega 3 yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan anak. Nutrisi ini selain dapat mendukung perkembangan otaknya, juga dapat menguatkan fungsi otak anak loh,Moms. Nah, buat mendapatkan nutrisi-nutrisi tadi, Moms bisa memberikan susu LACTOGROW yang di dalamnya juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

 

Jadi, permainan apa nih Moms yang akan dilakukan bareng mereka?