Apakah Berat Badan Anak Sudah Ideal?

Idealnya Berat Badan Anak
Caption

Article Title

Body

Tahukah Moms, tinggi badan dan berat badan Si Kecil bisa jadi acuan bagi orag tua untuk memantau normal atau tidaknya pertumbuhan Si Kecil, lho. Mau tau kenapa? Jawabannya adalah karena tinggi badan dapat menggambarkan kecukupan gizi anak dan berat badan dapat menunjukkan bagaimana pola makan dan aktivitas Si Kecil. 

Apakah Moms termasuk orang tua yang, sadar atau tidak, suka membandingkan Si Kecil dengan anak lain? Misalnya, “Kok Si Kecil gak chubby seperti sepupunya, ya?”. Padahal pertumbuhan tiap anak tentunya berbeda-beda. Yang perlu Moms perhatikan adalah apakah pertumbuhan Si Kecil masih sesuai dengan berat badan ideal anak seusianya.

 

  • Tinggi badan ideal anak

Berdasarkan acuan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang merujuk pada Badan Kesehatan Dunia (WHO), maka tinggi badan ideal untuk anak dibagi berdasarkan usianya dan dibedakan pula berdasarkan jenis kelaminnya.

Tabel Tinggi badan ideal anak

Selain panduang tinggi badan ideal, WHO juga mengeluarkan panduan untuk memantau berat badan ideal anak yang juga dibagi berdasarkan usia dan jenis kelaminnya.

Tabel berat badan ideal anak

  • Cara menghitung IMT anak

Cara lain untuk memantau apakah Si Kecil masih termasuk memiliki berat badan ideal anak adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) berdasarkan umurnya. Jika Moms belum tahu, cara menghitung IMT anak adalah sebagai berikut:

Rumus berat dan tinggi badan

Kemudian hasilnya apakah berat badan Si Kecil tergolong ideal dengan melihat tabel dari WHO.

 

Agar Si Kecil selalu terjaga dalam berat badan ideal anak, pastikan ia selalu mendapat gizi seimbang dalam menu hariannya dan cukup bergerak ya, Moms. Jika ia sehat dan aktif tentunya mood Si kecil juga akan terjaga dan ia bisa grow happy.