Anak Makin Mandiri dengan 5 Cara Ini

Ayo Ajari Si Kecil untuk Mandiri
Caption
Article Title
Body

Didikan orangtua sejak dini berpengaruh banget loh buat si kecil. Salah satunya ialah menjadi pribadi yang mandiri. Ayo ajari Si Kecil untuk mandiri mulai dari sekarang, agar mereka terbiasa hingga besar nanti. Berikut ini tips yang bisa Moms ikuti untuk ajarkan si kecil mandiri. Simak yuk Moms!

1. Puji usaha mereka

dukungan orang tua

 

Siapa sangka, pujian dari Moms berarti banget loh bagi si kecil. Jika mereka melakukan sesuatu, berikanlah apresiasi yang membuat hati mereka senang. Nggak harus berlebihan kok Moms, pujian yang harus Moms lontarkan bisa berupa kalimat sederhana seperti “kamu hebat!”. Sebuah pujian bisa membuat diri Si Kecil jadi bersemangat lho.

2. Beri mereka sebuah pilihan

mempersiapkan anak untuk mandiri

Untuk menentukan sesuatu, jangan selalu Moms yang memilih. Sesekali Moms harus berikan kesempatan si kecil untuk menentukan pilihannya. Contohnya memilih makanan, mainan, ataupun pakaian yang akan mereka kenakan. Hal ini berguna agar mereka terbiasa untuk menentukan pilihannya sendiri, dibanding terpaksa melakukan suruhan dari orang lain. Benar kan?

3. Jangan bantu mereka setiap saat

mengajarkan anak menali sepatu

 

Tak apa sesekali tidak bantu mereka dalam urusannya. Si Kecil harus bisa belajar mencari solusi sendiri dalam permasalahannya Moms. Gunanya agar mendorong mereka untuk lebih berpikir kembali saat mengambil langkah apa yang harus mereka lakukan. Tapi, Moms harus mengajarkannya problem solving atau cara menemukan solusi, gunanaya agar Si Kecil tidak merasa terbebani dengan apa yang mereka alami. Dalam hal ini, pengawasan orangtua tidak boleh lengah ya Moms

4. Libatkan si Kecil dengan memberikan mereka pekerjaan yang ringan

mengajarkan anak membantu pekerjaan rumah

Moms bisa berikan mereka pekerjaan ringan di rumah. Misalnya, menyiram tanaman atau membantu memasak di dapur. Ini bisa melatih rasa tanggung jawabnya di pertumbuhan usianya loh!

Nah, agar si kecil dapat tumbuh dengan baik, Moms harus berikan juga nutrisi yang cukup untuk tubuh mereka.Berikan susu LACTOGROW dengan Happynutri yang mengandung kalsium, 12 vitamin, minyak ikan, 7 mineral, dan omega 3 & 6. Moms gak perlu repot-repot dan khawatir lagi untuk lengkapi nutrisi pertumbuhan si kecil. Pertumbuhan seorang anak harus perlu diimbangi dengan nutrisi yang baik lho. Tunggu apalagi Moms?

5. Ajak mereka untuk menabung

mengajarkan anak menabung sejak dini

 

Menabung bisa melatih si kecil untuk jadi pribadi yang lebih hemat dan mandiri. Jika dilatih dari sejak dini, mereka akan terbiasa hingga besar nanti. Jadi gak boros deh! Cara yang tepat agar Si Kecil mengerti pentingnya menabung adalah dengan mengajaknya belanja kebutuhannya tanpa membeli mainan. Nanti, Si Kecil akan termotivasi untuk menabung demi membeli apa yang dia inginkan.

Gimana Moms, sekarang udah tau kan apa aja caranya. Ternyata Moms bisa didik mereka untuk lebih mandiri dengan hal-hal kecil aja loh!