5 Persiapan Sebelum Berlibur Bersama Si Kecil

Ibu dan anak
Caption
Article Title
Body

 

Kebanyakan Moms mungkin membayangkan bahwa liburan bersama anak itu merepotkan. Mulai dari memilih destinasi wisata yang ramah anak, packing berbagai barang keperluan Si Kecil, hingga menjaga mood-nya tetap happy agar ia tidak rewel selama perjalanan. Ya, mengajak anak berlibur bisa jadi banyak tantangan. Supaya Si kecil dapat menikmati waktu liburan bersama keluarga dengan nyaman, tentu Moms perlu melakukan persiapan yang matang. Nah, Moms bisa mendapatkan infonya di bawah ini. Sudah siap mencatat?

 

  • Pilih Destinasi yang Aman & Nyaman

Kondisi di lokasi liburan, merupakan salah satu hal utama yang menjadi bahan pertimbangan saat mengajak anak berlibur bersama keluarga. Kondisi cuaca yang cenderung dingin misalnya, bisa jadi memicu timbulnya alergi asma. Untuk mengurangi risiko ini, tentu Moms perlu cek lebih dulu seputar kondisi cuaca di destinasi yang dipilih. Selain itu, pastikan juga lokasi liburan memiliki tempat yang aman bagi Si Kecil untuk bermain.  Dengan begitu, Moms bisa lebih tenang untuk mengajak Si Kecil bermain dengan ceria.

 

  • Buat Jadwal Liburan Sesuai Kondisi Si Kecil

Saat menyusun itinerary atau jadwal kegiatan selama berlibur, sebisa mungkin disesuaikan dengan aktivitas Si Kecil sehari-hari. Jangan sampai aktivitas liburan membuat waktu makan dan tidurnya terganggu. Situs parenting tepercaya Babycenter, menyarankan Moms membuat jadwal kegiatan yang tidak padat. Sebab, aktivitas selama liburan mudah menguras energi Si Kecil dan menyebabkan ia mudah lelah. Jadi, sebaiknya atur waktu di sela-sela aktivitas liburan untuk istirahat ya Moms, agar energi Si Kecil kembali pulih dan siap melanjutkan kegiatan seru lainnya.

 

  • Catat Daftar Barang yang Wajib Dibawa

Menurut Andrea McCoy, kepala pusat perawatan anak di Temple University Children’s Hospital, Philadelphia, Amerika Serikat, berlibur bersama anak bisa jadi nyaman dan menyenangkan asalkan Moms memastikan semua kebutuhannya terpenuhi. Tapi, bukan berarti Moms perlu membawa berbagai barang kebutuhan anak sampai memenuhi kapasitas tas atau koper. Inilah pentingnya membuat daftar barang bawaan, Moms. Mulai dari obat-obatan (seperti penurun demam, antiseptik, dan krim anti gatal akibat gigitan serangga), tisu basah, perlengkapan mandi, pakaian, selimut, camilan, botol minum, dan mainan.

 

  • Buat Si Kecil Nyaman Selama Perjalanan

Sebelum berangkat liburan, ada baiknya Moms mencari cara agar Si Kecil tidak bosan selama di perjalanan. Hal ini untuk mengantisipasi Si Kecil yang tiba-tiba  rewel atau tantrum. Untuk itu, Moms bisa membawa beberapa barang yang bisa menghibur sekaligus mengalihkan perhatian Si Kecil dari kebosanan. Misalnya, buku cerita, mainan, atau gadget berisi games dan film favoritnya. Selain bosan, perjalanan jauh juga bisa menyebabkan dengung pada telinga Si Kecil yang diakibatkan oleh perbedaan tekanan udara. Supaya ia tetap nyaman, Moms bisa mendorongnya untuk melahap camilan. Mengunyah makanan dapat membantu mengatasi dengung pada telinga anak.

 

  • Pastikan Kondisi Si Kecil Sehat

Ini adalah hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan sebelum mengajak Si Kecil pergi liburan. Untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil agar tidak mudah sakit, Moms perlu memberikannya makanan bergizi, terutama yang mengandung vitamin C, seperti yang direkomendasikan oleh Hyla Cass, asisten profesor di fakultas kesehatan anak di University of California, Loas Angeles (UCLA), AS. Jadi, Moms disarankan untuk membantu penuhi asupan vitamin C anak. Bila perlu, bisa juga memberikannya vitamin C sesuai dosis untuk anak.

 

Tak hanya vitamin C, Si Kecil juga butuh asupan makanan yang mengandung bakteri baik. Susu Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri merupakan salah satu asupan gizi yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri yang bermanfaat untuk kesehatan saluran cernanya. Diperkaya dengan kandungan 11 vitamin, zat besi, omega 3, dan omega 6, susu pertumbuhan ini dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

 

Bagaimana Moms, sudah siap untuk berlibur? Semoga tips di atas dapat membantu Moms  menyiapkan kebutuhan Si Kecil saat liburan bersama keluarga, ya. Dengan begitu, Moms bisa menikmati momen kebersamaan dengan Si Kecil sekaligus mendukungnya tumbuh bahagia. Tumbuh bahagia dimulai dari hati dan sejak dini. Grow Happy!