5 Aktivitas Supaya Makin Kompak dengan Si Kecil

Facebook Twitter
Anak kecil yang aktif
Caption
Article Title
Body

Kesibukan sehari-hari mungkin sekali menjadikan aktivitas anak bersama Happy Parents menjadi momen yang sangat berharga. Meskipun lelah setelah beraktivitas seharian, Moms dan Dads tetap disarankan untuk tetap meluangkan waktu dengan Si Kecil. Tahukah bahwa momen bersama Si Kecil sangat baik untuk perkembangan Si Kecil, Moms?

Sebuah artikel di blog South University, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa anak yang sering menghabiskan quality time bersama orang tua dan keluarganya akan merasa spesial. Bahkan, aktivitas sederhana bersama keluarga dapat menjadikan komunikasi lebih baik dan mempererat kedekatan antara anak dan keluarganya. Oleh karena itu, supaya bisa menjalin kedekatan dan kekompakan bersama Si Kecil, Moms bisa melakukan beberapa aktivitas berikut ini.

 

Menyiapkan Makanan Bersama

Si Kecil suka saat merasa dilibatkan aktivitas Moms, Dads, atau anggota keluarga yang lain. Kenapa tidak mengajaknya membantu Moms di dapur? Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menyiapkan makanan bersama-sama. Mengingat ia masih berusia di bawah usia tiga tahun, Happy Moms bisa meminta tolong Si Kecil untuk melakukan hal yang mudah saja. Misalnya, ia bisa coba mencuci bahan makanan atau memasukkan camilan ke kotak makannya. Begitu selesai, Moms bisa memberikan pujian atas bantuan dan hasil masakannya. Hal ini tentu dapat membuatnya bangga dan puas, agar ia tertarik untuk kembali membantu Moms di dapur nantinya.

 

Merapikan Kamar

Bersih-bersih rumah juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan bagi Si Kecil. Apalagi Moms bisa membuatnya seperti permainan. Ajak Si Kecil merapikan kamarnya, yuk, mulai dari menaruh mainan ke wadah yang disediakan sampai memilih warna seprei tempat tidur Si Kecil. Hal ini tentunya membuat Si Kecil merasa dilibatkan dan diberikan kebebasan untuk memilih hal yang disukainya. Ini sebagai salah satu cara Moms menghargai pendapat Si Kecil. Moms juga bisa melakukan kegiatan setiap hari untuk pelan-pelan melatih kedisiplinannya.

 

Tebak Gaya

Permainan yang satu ini tentu bisa membawa gelak tawa di tengah keluarga. Ajak Si Kecil dan keluarga melakukan permainan tebak gaya. Siapkan kertas untuk menuliskan karakter tertentu (misalnya hewan atau tokoh kartun) yang dikenal Si Kecil. Minta Dads untuk berakting atau bergaya seperti karakter yang tertulis di kertas. Happy Moms dan Si Kecil coba menebak karakter tersebut dari gaya yang ditunjukkan Dads. Siapa yang menebak paling banyak akan mendapatkan hadiah. Aktivitas ini dapat melatih memori Si Kecil akan satu tokoh atau karakter tertentu, serta mengasah kemampuannya berkompetisi.

 

Bercocok Tanam

Aktivitas bercocok tanam ini bisa dilakukan di outdoor ataupun indoor. Untuk ini, Happy Moms atau Happy Dads bisa mengajak partisipasi Si Kecil sejak awal, mulai dari memilih bij tumbuhan atau tumbuhan siap tanam (biji bunga, biji buah, atau tanaman hias) yang akan dikembangkan. Ketika bercocok tanam, Moms bisa berbagi tugas dengan Si Kecil untuk hal-hal yang mudah. Misalnya, Moms bertugas menyiapkan pot dan tanah, lalu Si Kecil yang memasukkan biji atau tumbuhan siap tanamnya. Supaya lebih seru, Moms bisa menyediakan pot berwarna cerah dan diberi nama  Moms serta Si Kecil. Setelah itu, Moms juga bisa mengingatkan Si Kecil untuk merawat tanaman tersebut tiap harinya, mulai dari memberi pupuk dan menyiramnya secara rutin. Dengan begitu, Si Kecil dilatih untuk bertanggung jawab dengan tanamannya. Hal penting yang perlu dicatat adalah Si Kecil mencuci bersih  tangannya dengan sabun, setiap kali selesai bercocok tanam bersama Moms.

 

Mencari Harta Karun

Aktivitas ini juga seru untuk dilakukan bersama Si Kecil di area outdoor ataupun indoor. Pertama, Moms bisa memilih 1-5 mainan Si Kecil berukuran sedang. Sembunyikan mainan tersebut di tempat yang berbeda dan mudah dijangkau Si Kecil. Lalu, minta ia untuk mencari benda tersebut satu per satu bersama Dads. Berikan hadiah ketika satu mainan ditemukan. Tidak perlu hadiah berupa benda, tapi bisa juga pelukan atau ciuman hangat dari Moms sebagai tanda apresiasi Moms. Aktivitas ini dapat melatih perkembangan anak, terutama kemampuan otak Si Kecil. Selain itu, kepercayaan dirinya pun bisa meningkat karena ia merasa usahanya dihargai dengan hadiah dari Moms.

 

Supaya aktivitas Si Kecil bersama keluarga tetap lancar, Moms tentu perlu memberikan minuman dan makanan bergizi untuk anak sehingga daya tahan tubuh Si Kecil tetap terjaga. Lengkapi asupan gizinya dengan Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri yang mengandung 12 vitamin, 4 mineral, Omega 6 dan Omega 3, serta Lactobacillus reuteri untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil.  

 

Tubuh yang sehat tentu dapat mendukung aktivitas anak. Dengan begitu, Moms dan Dads tidak lagi ragu melakukan berbagai kegiatan bersama Si Kecil agar ia dapat tumbuh bahagia. Grow Happy!