4 Makanan Sehat Agar Si Kecil Aktif & Happy

Facebook Twitter
Anak perempuan
Caption
Article Title
Body

Kebahagiaan Si Kecil tentu menjadi prioritas utama Happy Moms. Hal ini bisa diwujudkan bukan hanya dari permainan bersama Si Kecil, tapi juga dari makanan sehat untuk balita yang dapat menghasilkan perasaan happy dan membuatnya lebih bersemangat. Memang ada ya? Mungkin pertanyaan itu yang muncul dalam benak Moms saat ini.

 

Perasaan bahagia tidak muncul begitu saja, Moms. Di dalam otak manusia, salah satu hormon yang disebut serotonin memengaruhi otak dalam mengatur tidur dan selera makan, menjaga kestabilan mood, dan mencegah rasa sakit. Kurangnya kadar serotonin dalam otak dapat mengurangi rasa bahagia dan berujung pada risiko depresi. Di blog Harvard Health, dr. Eva Selhub, MD, staff Harvard Medical School, menuliskan bahwa 95% serotonin diproduksi di saluran pencernaan yang juga terhubung dengan sistem saraf. Jadi, apa yang terjadi di saluran pencernaan bukan hanya soal memroses makanan, tapi juga dapat mempengaruhi mood kita. Menurut American Nutrition Association, salah satu cara untuk meningkatkan kadar serotonin adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam amino triptofan dan vitamin B. Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar serotonin Si Kecil, Moms:

 

Gandum

Sereal, oatmeal, cracker, dan roti gandum bisa menjadi pilihan snack sehat untuk Si Kecil. Praktisi dan penulis kesehatan asal Skotlandia, Dr. Dan Rutherford dari NetDoctor, menyebutkan bahwa gandum dapat meningkatkan produksi serotonin dalam otak. Mengandung vitamin B, camilan bernutrisi ini juga dapat menambah energi untuk Si Kecil ketika kurang bersemangat.

 

Ikan, unggas, daging

Menurut situs organisasi non-profit World’s Healhtiest Food, ikan seperti tuna, sardin, dan salmon bisa menjadi sumber serotonin yang baik. Begitu juga dengan unggas-unggasan dan daging (sapi dan kambing), keduanya mengandung banyak triptofan yang dapat menjaga level serotonin dalam otak.

 

Sayuran dan Buah-Buahan

Sudah saatnya Moms membiasakan Si Kecil untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Selain baik untuk pencernaan anak, jenis makanan ini juga bisa membuat Si Kecil bahagia dan bersemangat. Bayam, brokoli, rumput laut, kacang kedelai, pisang, mangga, berries, dan apel kaya akan triptofan dan juga zat-zat lain yang baik untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Public Health Association, banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran bisa menambah tingkat kebahagiaan, kepuasan hidup, dan kemakmuran. Disebutkan bahwa efek kesehatan dari konsumsi buah dan sayur bisa segera dirasakan sehingga membawa kepuasaan dan kebahagiaan tersendiri.

 

Telur

Pastikan Moms memenuhi kecukupan protein dalam menu Si Kecil. Cara paling sederhana adalah dengan memberikannya telur. Protein, omega 3, dan kandungan nutrisi lainnya dalam telur dapat memberikan energi untuk Si Kecil. Selain kaya akan triptofan, telur juga merupakan sumber vitamin B yang baik dan dapat memperbaiki mood, serta mengurangi perasaan khawatir dan level depresi.

 

Cokelat

Saat sedang sedih, Moms bisa merasa lebih nyaman jika mengonsumsi cokelat. Setelah makan cokelat, rasanya mood membaik. Ternyata ini bukan sekadar mitos.  Menurut penelitian dalam Journal of Chromatography A, cokelat dengan 85% kokoa mengandung triptofan yang tinggi. Selain itu, dalam sebuah penelitian dalam Journal of Proteome Research, cokelat juga diketahui merupakan sumber antioksidan yang baik dan bisa mengurangi hormon stres yang disebut kortisol, tidak heran Si Kecil tidak rewel setelah mengonsumsi cokelat.

 

Mengingat apa yang dikonsumsi Si Kecil memengaruhi mood dan kesehatannya, mulai sekarang Moms tentu perlu membiasakan memberikan makanan sehat untuk balita, Moms. Tak hanya itu, Moms juga bisa bantu Si Kecil tetap happy dengan menjaga kesehatan saluran cernanya. Salah satu tanda saluran cerna yang sehat adalah jumlah bakteri baiknya lebih banyak dibanding bakteri jahat. Susu Nestlé LACTOGROW 3 HappyNutri mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri, Linoleat (Omega 6) dan Asam Alfa-Linolenat (Omega 3) untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil usia 1-3 tahun. Dengan menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil, Moms dapat mendukungnya tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Grow Happy!